PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PUSKESMAS SOROPIA KABUPATEN KONAWE

Irdayanti Irdayanti, Akhyar Abdullah, Jopang Jopang

Abstract


Maksud dari penelitian ini dilakukan adalah untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan. Sebanyak 50 individu yang melakukan rawat jalan di Puskesmas Soropia di Kabupaten Konawe menjadi populasi dan sampel. Metodologi kuantitatif merupakan jenis penelitian dengan memanfaatkan analisis linier dasar dengan menggunakan aplikasi SPSS 22, statistik deskriptif, dan prosedur analisis data. Berdasarkan hasil regresi nilai t-hitung yaitu 12.778 > 1,677 serta angka Sig. 0,000 < 0,05, yang serta hasil f-hitung 163,270 > 4,04 dan nilai Sig. 0.000 < 0.05, hasil tersebut membuktikan bahwa keduanya saling berpengaruh satu sama lain. Jadi, dapat dikatakan bahwa kualitas layanan mempunyai dampak bermakna pada kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Soropia Kab. Konawe

Keywords


Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Astarina, Y., Fujiansyah, D., & Yudianto, R. (2021). PengaruhKualitas PelayananBpjs KesehatanTerhadap KepuasanPasien RawatJalan Di UptdPuskesmas BandarKota PagarAlam. Ekonomia, 11(2), 44-50.

Aryanti, N., Firman, A., & Rahim, D. R. (2022). AnalisisKualitas PelayananDan PengaruhnyaTerhadap KepuasanPasien RawatJalan Di PuskesmasTinambung Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 11(2), 114-124.

Hidayah, N., & Aisyah, M. N. (2016). PengaruhKompensasi terhadapkinerja karyawan dengan kepuasankerja sebagai variabelintervening (Studi kasus pada karyawan bagian keuangan dan akuntansi UNY). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 4(4).

Lupiyoadi, Rambat. 2014. ManajemenPemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Kosnan, W. (2020). Pengaruhkualitas pelayanan terhadapkepuasan pasienrawat inap di rumah sakit umumdaerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4).

Kotler, P., & Keller, L, K., 2009. ManajemenPemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F., 2014., PemasaranJasa (Prinsip, Penerapan dan Penelitian). Yogyakarta: Andi Publisher.

Sektiyaningsih, I. S., Haryana, A., & Rosalina, S. S. (2019). PengaruhKualitas Pelayanan TerhadapKepuasan, Citradan LoyalitasPasien pada UnitRawat Jalan RSUD Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Journal of business studies, 4(1), 17-29.

Fauzi, M, D, & Febriyani, D, H., 2020. PengaruhKualitas PelayananTerhadap Kepuasan Pasien PadaPuskesmas PondokAren KecamatanPondok Aren Kota Tangerang Selatan, Penelitian. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Pror. Dr. Moestopo: Jakarta.

Fristiohady, A., Pemudi, Y. D., Ihsan, S., Ruslin, R., Bafadal, M., Nurwati,

N., & Ruslan, R. (2020). AnalisisKualitas Pelayananterhadap KepuasanPasien RawatJalan di PuskesmasPuuwatu KotaKendari menggunakan Metode SERVQUAL: Analysis Of Quality Service Towards Out-Patient Satisfaction at Puskesmas Puuwatu Kendari City. Jurnal Surya Medika (JSM), 6(1), 6-12.

Priyatno, D. (2018). SPSSPanduan MudahOlah Data BagiMahasiswa & Umum. Yogyakarta: Andi

Rahman, A., 2022., PengaruhKualitas PelayananTerhadap KepuasanPasien RawatJalan PadaRumah SakitIbuDanAnak AnNisaKota Jambi. Skripsi. Progaram Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Batang Hari Jambi.

Santa Yesinda, I., & Murnisari, R. (2018). PengaruhFasilitas Dan KualitasPelayanan TerhadapKepuasan PasienJasa Rawat JalanPada PuskesmasKademangan KabupatenBlitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 3(2), 206-214.

Septariani, J. (2022). AnalisisPerhitungan BiayaRata-Rata PelayananPasien RawatInap DalamPemenuhan StandarPelayanan Minimal (StudiKasus Pada RSUD Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Wardani, I. F. (2021). PengaruhKualitas PelayananTerhadap KepuasanPasien RawatJalan PenggunaKartu BpjsDi Puskesmas Kedawung 1Kabupaten Sragen. Ji@ P, 10(2), 92-104.

Yuniasih, I., Nelfianti, F., & Ruswandi, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Mangunjaya Kabupaten Bekasi. Mabiska Jurnal, 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Irdayanti Irdayanti, Akhyar Abdullah, Jopang Jopang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X