ANALISIS PENATAAN RUANG KANTOR DAN FASILITAS KANTOR PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA KENDARI

Agustina Agustina, Arifin Utha, Aminuddin Aminuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penataan ruang kantor dan fasilitas kantor dalam meningkatkan kinerja pegawai dan pada Dinas PUPR Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang diteliti. Informan dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa penataan ruang kantor dan fasilitas kantor pada Dinas PUPR Kota Kendari sudah berjalan dengan baik dalam hal mobilitas pegawai, cahaya penerangan, sirkulasi udara, dan warna dinding namun belum optimal dijalankan khususnya dari jenis tata ruang kantor, penempatan perabot dan tingkat kebisingan. Faktor yang menghambat penataan ruang kantor dan fasilitas kantor pada Dinas PUPR Kota Kendari ialah keterbatasan ruang kantor, penempatan perabot yang tidak tepat, dan kebisingan. Sehingga diharapkan bagi Dinas PUPR Kota Kendari dapat memperbaiki penataan ruang kantor dan fasilitas kantor dengan mempertimbangkan desain tata ruang terbuka, mengoptimalkan penempatan perabot dan menyediakan tempat yang tenang bagi pegawai untuk menghindari kebisingan agar dapat berkonsentrasi dalam menjalankan pekerjaan. Dinas PUPR Kota Kendari juga diharapkan untuk mengatasi faktor yang menghambat penataan ruang kantor dan fasilitas kantor agar tercipta ruangan yang nyaman dan mendukung pelaksanaan pekerjaan pegawai

Keywords


Kantor, Tata Ruang, Fasilitas

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Nasution, J. (2022). Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Di Kantor BNNP Sumut. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 3(1).

https://doi.org/10.29303/alexandria.v3i1.171

Alkathiri, A. T., & Sari, Y. (2019). Pengaruh warna terhadap produktivitas karyawan kantor. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 3(3), 187-192.

Anggraini, A. D., Rismansyah, R., & Kurniawan, M. (2022). Pengaruh Tata Ruang Kantor Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(1), 37-42.

Afifah, N., & Nasution, J. (2022). Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Di Kantor BNNP Sumut. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 3(1). https://doi.org/10.29303/alexandria.v3i1.171

Alkathiri, A. T. B., & Sari, Y. (2019). Pengaruh Warna Terhadap Produktivitas Karyawan Kantor. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 3(3).

Arina, I., Cikusin, Y., & Hayat. (2021). PENGARUH TATA RUANG KANTOR TERHADAP EFISIENSI KERJA PEGAWAI) (Studi Kasus Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1605–1612.

Aula, F. H., & Nugraha, J. (2020). Pengaruh Tata Ruang Kantor dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v5i2.28836

Fazrin, Rafni Dwi (2023) Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung. Skipsi (S1) Thesis. FISIP UNPAS.

Gie, T. L. (2009). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta. In Liberty (Vol. 1, Issue July).

Kakkar, G. (2022). IMPACT OF ARCHITECTURAL SPACE DESIGN OF OFFICE ON JOB SATISFACTION AND WELL-BEING. INTERNATIONAL JOURNAL OF ARCHITECTURE AND INFRASTRUCTURE PLANNING. https://doi.org/10.37628/jaip.v8i2.987

Kurniasari, R., & Pratiwi, Y. (2021). Analisis Pengaruh Budaya Kerja Dan Tata Ruang Kantor Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rs Citra Medika Depok. Jurnal AKRAB JUARA, 6(3), 54–71.

Maryati, M. (2014). Manajemen Perkantoran Efektif. In Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mawarni, R., & Yusuf, M. (2020). Pengaruh tata ruang kantor terhadap efektifitas kerja pegawai pada dinas koperasi perindustrian dan perdagangan Kota Bima. Forum Ekonomi, 22(2).

Miles, & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia. In UI-Press.

Mukhid, A. (2021). Metodologi penelitian pendeketan kuantitatif. In Jakad Media Publishing

Pramana, D. (2020). Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 9(2).

Pratiwi, D., Lie, D., Butarbutar, M., & Wijaya, A. (2019). PENGARUH TATA RUANG KANTOR DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI BAGIAN UMUM PADA PDAM TIRTAULI PEMATANGSIANTAR. Maker: Jurnal Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.37403/maker.v5i1.105

Qisthi, P. A., Sawiji, H., & Susantiningrum. (2022). PENGARUH TATA RUANG KANTOR DAN LINGKUNGAN KERJA NONFISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN SESDITJEN P2P KEMENKES RI. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 6(1), 60–69.

Risha, A. N., & Nugraha, A. E. (2022). Analisa Tata Ruang Kantor dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Serambi Engineering, 7(1). https://doi.org/10.32672/jse.v7i1.3885

Sedarmayanti, & Nursiswanto, E. (2014). Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Sosial Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Administrasi, XI(3), 501–510.

Suryani, L., Sari, N., & Zia Ibhar, M. (2022a). Analisis Tata Ruang Kantor Pada Kantor Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 4(2), 48–52. https://doi.org/10.36917/japabis.v4i2.54

Suryani, L., Sari, N., & Zia Ibhar, M. (2022b). ANALISIS TATA RUANG KANTOR PADA KANTOR KELURAHAN LAKSAMANA KECAMATAN DUMAI KOTA KOTA DUMAI. Jurnal Administrasi Publik Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.36917/japabis.v4i2.54

Tia, M. K., Kurniawan, R., & Idris, M. (2022). Dampak lingkungan kerja, tata ruang, dan fasilitas kantor terhadap kinerja pegawai di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota TanjungPinang. Student Online Jurnal, 3(1), 417–429.

Wahyudi, D., Marantika, A., & Yusup, Y. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA DI KECAMATAN KAMPAR. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.658


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Agustina Agustina, Arifin Utha, Aminuddin Aminuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X