ANALISIS PENGEMBANGAN EKONOMI DESA MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI DI DESA MATAHOALU

Marcel Kristian Cahyadi, Adrian Tawai, Muhammad Yusuf

Abstract


Pembangunan yang dasarnya adalah untuk membangun kemandirian, begitu pula dengan pembangunan di daerah pedesaan. Membangun daerah pedesaan merupakan sebuah misi pemerintah dimana hal ini dapat diraih dengan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan meningkatkan produktivitas dan berbagaimacam usaha pedesaan, membentuk dan melindungi lembaga yang menyokong arah produksi dan pemasaran, serta menjadikan sumber daya yang lebih baik sebagai dasar kemajuan ekonomi di daerah pedesaan. Diharapkan dengan adanya BUMdes (Badan Usaha Milik Desa), perekonomian desa yang dibangun sesuai kebutuhan dan potensi masyarakat akan diperkuat. Namun harapan tersebut masih belum terwujud. Berdasarkan sejumlah penelitian sebelumnya, kemajuan BUMdes tidak sejalan dengan tujuan pemerintah dikarenakan banyak alasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat Petani oleh BUMDES Pada Desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memakai teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan menunjukan BUMDes Permata Desa Matahoalu Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat sebagai upaya pengembangan ekonomi masyarakat desa matahoalu sudah berjalan dengan baik dimana melihat dari indikator pemberdayaan yaitu Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan dan Pemeliharaan

Keywords


BUMDes, Pengembangan Ekonomi Desa, Pemberdayaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Alvera, P. (2021). ANALISIS PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI DESA MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA SUKAJADI KECAMATAN BUKIT BATU. Skripsi. Program Studi Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Islam Riau Pekanbaru, 3(2), 6.

Andriani, P. (2020). PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI (COVID-19) DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (STUDI KASUS BUMDES SEJAHTERA MUARA UWAI, KEC BANGKINANG,KAB KAMPAR). Skripsi. Rogram Studi Ekonomi Syariah Fakultas. Syariah Dan Hukum. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 10(1).

Hamid, N. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Sukoharum Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu. Skripsi. Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. UIN.

Hikmah, S. (2020). Peran BUMDES Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Sabedo Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. UIN Mataram.

Hutomo, M. Y. (2000). Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi. Adiyana Press.

Mayasari, T. (2019). Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa ( BumDes ) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Adijaya Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO 1440 H / 2019 M. Skripsi, 14119644.

Nafisah, A. (2023). Peran Bumdes Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.

Ramanda, D. R. (2019). Analisis Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) (Studi Pada Warung BUMDES Sehati Desa Margorejo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Raden Lampung, 1–109.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Alfabeta (ed.); Cet. 19).

Suharto, E. (2014). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat : kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial (cet. 5). Refika Aditama.

Sun’an, S. (2015). Ekonomi Pembangunan Daerah. Mitra Wacana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Marcel Kristian Cahyadi, Adrian Tawai, Muhammad Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X