Koordinasi Aparat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dengan Pemerintahan Kelurahan Dalam Pelaksanaan Program Pembangunan (Studi Pada Kelurahan Laimpi Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna)

Uswatun Hasana, Suriyani BB, La Ode Agus Said

Abstract


Tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui Koordinasi Aparat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dengan Pemerintah Kelurahan dalam pelaksanaan program pembangunan di Kelurahan Laimpi Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna. (2) Untuk mengetahui Pembangunan Fisik dan Non-fisik Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Laimpi Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna.adapun jenis penelitian ini adalah kulitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dimensi koordinasi yang ada di Kelurahan Laimpi sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari Beberapa indicator seperti (a) Rantai perintah,terdiri sudah terlaksananya koordinasi antar bagian yang dilakukan oleh instansi, pimpinan sudah menjelaskan prosedur kerja dengan bawahan. (b) Informasi,terdiri dari pegawai dalam melaksanakan pekerjaan sudah mengikuti arahan dari pimpinan, sudah melaksanakan koordinasi dengan setiap bagian dalam melaksanakan pekerjaan dan setiap pimpinan melakukan mekanisme pertukaran informasi dengan pegawai dalam melaksanakan pekerjaan.(c) Wewenang, terlihat dari pegawai selalu melaksanakan konsultasi dengan pimpinan atau bagian lain dalam pekerjaan selalu bersunggu- sungguh dalam menyelesaikan pekerjaan dan selalu selalu melibatkan pimpinan dalam pengambilan keputusan dalam suatu masalah.(d) Tanggungjawab, tanggungjawab pegawai Kelurahan dapat dilihat dari penyelesaian tugas sudah sesuai dengan yang telah di terapkan. (2) Pembangunan fisik dan non fisik sudah terlaksana dan berjalan efektif. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan fisik dengan adanya pembangunan deker dan bantuan sumur bor di Kelurahan laimpi dan pembangunan non fisik yaitu kerja bakti sosial yang di lakukan di Kelurahan laimpi.

Keywords


Koordinasi Aparat, LPM, Pelaksanaan Pembangunan

References


Afifuddin. (2012). Pengantar Administrasi Pembangunan: Konsep, Teori, dan Implikasinya di Era Reformasi. Alfabeta.

Effendi, B. (2002). Pembangunan Daerah Otonom Berkeadilan. PT. Uhindo dan Offse.

Firana. (2011). Peranan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dalam Program Penyelenggaraan Pembangunan Pemerintah di Kelurahan Karas Kecamatan Galang

Kota Batam. Universitas Maritim Ali Haji.

Firmansyah. (2020). Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Dalam

Meningkatkan Kesejahtraan Masyarakat (Studi Kasus di Kelurahan Olak Kemang Kecamatan Danau Teluk Jambi). Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Handayaningrat, S. (2011). Pengantar Study Administrasi dan Manajemen. CV Haji Masagung.

Handoko. (2017). Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis. In Manajemen Sumber Daya Manusia. P Gramedia Pustaka.

Handoko, T. H. (2016). Manajemen. BPFE.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. . (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Askara.

Hasibuan, & S.P, M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga

belas). PT Bumi Aksara.

Kasman, & Adiwidjaja, I. (2019). Strategi Pemerintah Desa Mendorong Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa Toronegoro Kota Batu. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 88–92.

Kandouw, C., Pangemanan, S. E., & Kairupan, J. K. (2017). Peranan Lembaga Pemberdayaan

Masyarakat Dalam Pembangunan Di Kelurahan Rumoong Bawah. Jurnal Eksekutif, 1(1), 1–13.

Khairuddin. (2000). Pembangunan Masyarakat Tinjauan Aspek Sosiologi, Ekonomi,

Perencanaan. Liberty Yogyakarta.

Manullang, M., & Suriyanti. (2018). Teori Faktor Koordinasi dalam Manajemen. PT. Raja

Grafindo Persada1.

Mardhatillah, L. (2017). Komunikasi dan Koordinasi Penyelenggaraan Pelayanan Umum Bidang Angkutan di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru.

JOM FISIP, 4(1), 1–10.

Muhtarom, A. (2016). Peranan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dalam Pembangunan di Desa di Kabupaten Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, I(3), 181–204.

Muljana, B. S. (2001). Perencanaan Pembangunan Nasional: Proses Penyusunan Rencana Pembangunan Nasional dengan Fokus Repelita V. Center for Policy and Implementation

Studies (CPIS).

Pramana, G. (2013). Pembangunan Fisik dan Non-fisik di Desa Badak Mekar Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kertanegara. Ejournal Ilmu Administrasi Nagara, 1(1), 587. http://ejournal.an.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2013/06/jurnal full (06- 19-13- 09-29-33)

Prabandary, N. W. (2017). Koordinasi Antar Institusi Dalam Pengelolaan Benda Cagar Budaya Candi Borobudur. Koordinasi Antar Institusi, 3(1), 570–581.

Rais, A. (2009). Analisis Koordinasi Tugas Umum Pemerintahan (Studi Kasus Tentang Fungsi Koordinasi Camat) Di Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. https://repository.uin-suska.ac.id/10493/1/2010_201043ADN.pdf

Rosni. (2021). Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Medan Denai Kota Medan Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Siagian, S. P. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Askara.

Silalahi, U. (2013). Asas-Asas Manajemen, Cetakan Kedua. PT. Refika Aditama.

Sudariyana, Bambang, & Agusiady H.R. Ricki. (2022). Metode penelitian kualitatif. Deepublish.

Sugandha, D. (2011). Koordinasi, Alat Pemersatu Gerakan Administrasi. Intermedia. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryono, A. (2010). Dimensi-dimensi Prima Teori Pembangunan. UB Press.

Sutarto. (2015). Dasar-Dasar Organisasi. Gadjah Mada University Press.

Syafiie, I. K. (2011). Manajemen Pemerintahan. Pustaka Reka Cipta.

Wijaya, F. A. (2021). Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Mewujudkan Pembangunan Desa (Studi Kasus Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat Kabi upaten Sumbawa). Universitas Muhammadiyah Mataram.

Winardi. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga. Rineka Cipta.

Sara, Y. (2013). Analisis Koordinasi Tugas Pegawai Negeri Sipil Pada Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Riau.

Peraturan daerah kabupaten No 13 tahun 2006 tentang Lembaga kemasyarakatan dan Lembaga adat Peraturan mentri dalam negeri no 5 tahun 2007 tentang pedoman penataan Lembaga Masyarakat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Uswatun Hasana, Suriyani BB, La Ode Agus Said

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X