REFORMASI BIROKRASI DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA KENDARI PADA ASPEK PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Yves Icasia Elantara, Abdul Kadir, Liwaul Liwaul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek Penataan Sumber Daya Manusia, Penataan Tata Laksana, Penataan Kelembagan, dan Akuntabilitas, pelaksanaan reformasi birokrasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kendari dapat disimpulkan bahwa : 1). Pelaksanaan reformasi birokrasi dilihat dari aspek penataan Sumber Daya Manusia belum dilaksanakan secara optimal karena keberadaan sekretariat sebagai supporting system dalam dinas ini belum berjalan dengan maksimal, sementara dari aspek penataan tata laksana, maka pelaksanaan reformasi birokrasi telah dijalankan namun masih terkendala dana dalam pemanfaatan teknologi informasi dan pengelolaan sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, dari aspek penataan kelembagan dan akuntabilitas, reformasi birokrasi telah dilakukan dengan visi dan misi yang telah dirincikan dalam rencana strategis dan respon yang cepat terhadap perubahan peraturan dalam penyederhanaan kelembagaan, serta dilakukan dengan keterlibatan pimpinan dalam perencanaan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi untuk mencapai visi dan misi organisasi serta ditunjukkan pula dengan ketersediaan laporan-laporan Kinerja dan Pertanggungjawaban. 2). Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Kota Kendari telah memberikan pelayanan publik yang berkualitas bila dilihat dari aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dimana dari sisi pemohon ijin kelima aspek ini sebagian besar telah terpenuhi.

Keywords


Reofrmasi, Birokrasi, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Abdul Manan, 2012, Hukum Ekonomi Syariah: Dalam Perspektif Kewenangan Peradilan Agama,Kencana, Jakarta

Batinggi, Ahmad. 1998. Manajemen Pelayanan Umum. Bahan Kuliah STIA LAN

Blau, Peter.M dan Meyer, Marshall.W, 2000, Birokrasi Dalam Masyarakat Modern, Prestasi Pustakaraya Jakarta

Blau, P.2012. Birokrasi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Boediono, B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Rineka Cipta: Jakarta

Masdar, S. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompentisi Untuk Pelayanan Publik. Surabaya: Airlangga University Press

Munir, M. 2013. Kebijakan Publik: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Tava Media

Miles, Mattew B dan Amichael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2010), Metodologi penelitian kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Parasuraman, Leonard L. Berry, And Valarie A. Zeithaml. 1985. A Conceptual Model Of Services Quality And Its Implications For Future Research. Journal Of Marketing, Vol. 49, P.41-50.

Philipus M. Hadjon, Penataan Hukum Administrasi Tentang Wewenang, Fakultas Hukum Unair, Surabaya, 1998.

Ridwan Hr. Hukum Administrasi Negara. Rajawali Press. Jakarta, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Yves Icasia Elantara, Abdul Kadir, Liwaul Liwaul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X