EFEKTIVITAS PENERAPAN ETIKA APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI KENDARI

Retno Wulan Sari, Justawan Justawan, Suriyani Suriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan etika Aparatur Sipil Negara pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 3 orang yang terdiri dari Ketua Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Pengelola Data Keimigrasian dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Data yang telah diperoleh dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan etika aparatur sipil Negara pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari dilihat dari Persamaan, kesetiaan, keadilan dan tanggung jawab sudah dikatakan cukup baik dalam memberikan pelayanan.namun dari segi keadilan masih kurang, karena masih adanya sikap diskriminatif. Pelayanan publik yang dilakukan dapat dilihat dari bukti fisik dimana fasilitas sarana yang sudah memadai memudahkan dalam pengurusan paspor. Namun terdapat kekurangan yaitu kurangnya lahan parkir. Empati pegawai sudah dikatakan maksimal karena dalam melayani masyarakat pegawai memiliki sifat yang peduli.

Keywords


Etika, Aparatur Sipil Negara, Pelayanan Publik.

Full Text:

PDF

References


Lembaga Administrasi Negara, Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (Sankri), Buku I Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan jegara. (Jakarta: Perum Percetakan Negara RI,2003), hal.43

Richard, M. Steers, Efektivitas Organisasi, (Jakarta: Erlangga, 1980), hal.124

Sinambela, Lijian Poltak, Rochadi, Sigit, Ghazali, Rusman, Muskin, Akhmad, Setiabudi, Didit, Bima, Djohan. Syaifudin, Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan, dan Implementasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hal.53

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutopo & Adi Suryanto, 2003, pelayanan prima. Cetakan ke-2. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990, hal.415

A Pananrangi M; Andi Muhammad Ishak Ismail, 2021, penerapan etika administrasi publik melalui pelaksaan tugas pelayanan birokrat, meraja journal, Vol.4 No.3, hal.4

Chairuman. Pengaruh Budaya Terhadap Efektivitas Organisasi JAAI Vol.6 No.1, hal.103-117

Ipah Ema Jumiati, 2012, dimensi etika dalam pelayanan publik arti penting, dilema dan Lembaga Administrasi Negara, Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (Sankri),

Richard, M. Steers, Efektivitas Organisasi, (Jakarta: Erlangga, 1980), hal.124

Sinambela, Lijian Poltak, Rochadi, Sigit, Ghazali, Rusman, Muskin, Akhmad, Setiabudi, Didit, Bima, Djohan. Syaifudin, Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan, dan Implementasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hal.53

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutopo & Adi Suryanto, 2003, pelayanan prima. Cetakan ke-2. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990, hal.415

A Pananrangi M; Andi Muhammad Ishak Ismail, 2021, penerapan etika administrasi publik melalui pelaksaan tugas pelayanan birokrat, meraja journal, Vol.4 No.3, hal.4

Chairuman. Pengaruh Budaya Terhadap Efektivitas Organisasi JAAI Vol.6 No.1, hal.103-117

Ipah Ema Jumiati, 2012, dimensi etika dalam pelayanan publik arti penting, dilema dan implikasinya bagi pelayanan publik di Indonesia, jurnal administrasi publik, Vol.3 No.1

Karjuni Dt. Maani, 2010, etika pelayanan publik, demokrasi, Vol.9 No.1

Sisilya Halean, penerapan etika administrasi publik dalam pelaksanaan tugas aparatur birokrasi di secretariat daerah kabupaten kepulauan talaud

Sukri, Muhammad Idris, Burhanuddin, 2017, penerapan etika administrasi Negara dalam pelayanan kenaikan pangkat di kantor badan kepegawaian dan diklat daerah kabupaten gowa, jurnal administrasi publik, Vol.3 No.1

Ummul Asisa, Etika Pelayanan Administrasi Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu, hal. 9-20

Yunni Susanty, 2011, penerapan etika dalam penyelenggaraan pelayanan publik, jurnal wacana kinerja, Vol.14 No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Retno Wulan Sari, Justawan Justawan, Suriyani Suriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X