PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT POASIA KOTA KENDARI

YERI TIMANG

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Kantor Camat Poasia Kota Kendari dan  untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada Kantor Camat Poasia Kota Kendari.Penelitian ini dilakukan pada Kantor Camat Poasia Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Pemilihan lokasi didasarkan atas pertimbangan dan asumsi bahwa Kantor Camat Poasia Kota Kendari adalah salah satu  instansi pemerintah yang bergerak pada bidang pelayanan publik kepada masyarakat. Sehingga menjadi alasan terpenting peneliti menentukan lokasi penelitian di Kantor Camat Poasia Kota Kendari.Informan penelitian dipilih secara purposive sampling. Informan penelitian didasarkan pada pertimbangan bahwa informan penelitian dapat memberikan informasi dan yang selengkap-lengkapnya dan relevan dengan tujuan penelitian. Informan penelitian itu yaitu 8 (Delapan) orang yaitu (1) Camat, (2) Sekretaris Camat, (3) Ka.Sub Bagian Kepegawaian, dan (4) Lima orang Pengguna Layanan/masyarakat yang pernah berurusan pelayanan di Kantor Camat Poasia Kota Kendari.

Penerapan sistem informasi manajemen sudah cukup baik dan telah sesuai dalam menunjang setiap aktifitas pelayanan. Hal tersebut dipengaruhi telah tersediaannya fasilitas sarana dan prasarana yang dianggap cukup tersedia serta sistem pelayanan dan tingkat pendidikan atau keahlian yang dimiliki oleh setiap pegawai dikategorikan memenuhi kebutuhan dan tuntutan kerja dengan memberikan pelayanan prima kepada setiap masyarakat yang membutuhkan.

Kualitas pelayanan pada Kantor Camat Poasia dapat dikategorikan sebagai pelayanan yang baik hal tersebut tercermin dengan budaya pelayanan yang selalu menjunjung tinggi aturan, sopan santun maupun selalu sedia menerima masukan maupun keluhan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, Kualitas pelayanan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ISSN: 2460-058X REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X