Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Studi Di Desa Tondasi Kecamatan Tiworo Utara Kabupaten Muna Barat

La Ode Sukdi, Arifin Utha, Makmur Kambolong

Abstract


Penelitian ini berusaha mengidentifikasi hambatan dalam memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan dengan menilai keefektifan pelayanan tersebut di Desa Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara, dan Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini dilakukan di Desa Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara, Kabupaten Muna Barat. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data kualitatif deskriptif melalui kerja lapangan, wawancara, dan observasi.


Keywords


Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan

Full Text:

PDF

References


AS. Moenir, Jakarta: Aksara Bumi, 2000. Manajemen Pelayanan Publik di Indonesia.

Abdul Kadir and oters. 2015. Depot: PT. Rajagrafindo Persada; Thematic Learning.

Agus Dwiyanto 2005 Perpustakaan Mahasiswa, Yogyakarta: Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.

Fandy Tjiptono. 92004. 121) Service Management, First Edition, Yogyakarta, Andi Offset.

Fandy Tjiptono. (2000. 70 ) Service Management. Yogyakarta: Andy. Ghozali, Imam.

Fandy Tjiptono. (2000. 51) Service Management. Yogyakarta: Andy. Ghozali, Imam.

Kriyantono, 2012. Humas & Manajemen Krisis: Pendekatan Humas Kritis Etnografi Kritis & Kualitatif, : Kencana.

Leonard D. White Pengantar Studi Administrasi Publik

M. Manullang, 2012 Essentials of Management for Business Leaders,. Gajah Mada Press, Jakarta.

Moenir, 2000 Manajemen Pelayanan Publik oleh. Jakarta: Bina Literasi

Denovan dan Jackson (1991:9) mengutip pendapat A. Dunsire yang menunjukkan adanya perbedaan makna “administrasi” dari Yeremias. Keban, T. Enam dimensi strategis administrasi publik. Gaya Media: Ide, Teori, dan Masalah, Yogyakarta, 2008, hlm.

Philipus M. 2005 Hadjon et al. State Administrative Law, Gadjah Mada University Publishing, Yogyakarta,

Pasolong, Harbani, 2007. Teori Administrasi Publik. CV Alfabeta, Bandung. Hal. 128

Sampara Lukman, 2001 Management of Service Quality,. Stia Lan Press, in Jakarta.

Sondang P. Siagian, 2009. Environment Script Sinambela and Poltak, Development Administration, Jakarta (2006). Reforming the Public Service. Jakarta: Earth Script

Sutopo and Suryanto 2003, Superior Service,. Jakarta: The Republic of Indonesia's Institute of State Administration

Tilaar, H. A. R. 2001. AGENDA for National Education Reform, Jakarta, Indonesiatera,

W. Widjaja 2003's Village Autonomy by. Pt. Raja Grafindo Persada in Jakarta

Y. Warella's 1997 State Administration and Public Service Quality: first address as an associate professor of state administration,. Diponegoro University in Semarang.

Sadu, Wasistiono (2002). Resource Management for Regional Government Equipment. Bandung:Focusmedia

Sadu Wastiono, 2003. Local government management by the Capita Selekta. CV focusmedia, Bandung.

L.W. Kurniasih dan N. Widowati (2016). Pelayanan Publik dalam Membangun Pelayanan Unggul di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pemalang. 5(2), 294–305, Jurnal Kebijakan Publik dan Tinjauan Manajemen.

Lijan Poltak, Sinambela, and coauthors (2011), Public Service Reform. Sociology of Health & Disease, Vol. 34 No. 4, Journals, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Lijan Poltak, Sinambela, and coauthors (2011), Public Service Reform. Sociology of Health & Disease, Vol. 34 No. 4, Journals, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12- 37

Abidin, Zainal. 2010. Analisis Pengaruh Keandalan dan Etos Kerja Terhadap Parasuraman Pelayanan Publik Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota. Medan: USU

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2013).Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: PenerbitErlangga

zol dan enz 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia, tertanggal 2016.

Desa diatur dalam UU No 6 Tahun 2014.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 yang mengatur tentang aparatur pemerintah terbaru

terkait dengan Aparatur Sipil Negara.

Undang-undang yang mengatur tentang pelayanan publik, No. 25 Tahun 2009.

Peraturan Pemerintah Daerah No. 32 Tahun 2004.

Pelayanan publik diatur dalam Menpan No. 63/KEP.M.PAN/7/2003.

Kepmenpan No. 63 Tahun 2003, tentang aparatur negara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 La Ode Sukdi, Arifin Utha, Makmur Kambolong

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X