PENGELOLAAN PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Kendari)

TANTI RAHMADANI KANDECCING

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yang hasilnya akan bermanfaat bagi Pembangunan Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Pengumpulan data ini dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari wawancara, dokumentasi dan observasi kemudian dianalisis secara kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasi antara target dan realisasi penerimaan pajak reklame terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Kendari tiap tahunnya mengalami fluktuasi, hal ini disebabkan  adanya hambatan-hambatan pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Kendari dalam pengelolaan pajak reklame. Hambatan-hambatan tersebut adalah masih banyaknya wajib pajak yang tidak mengetahui SOP penyelenggaraan Reklame, masih banyaknya wajib pajak yang tidak melakukan pembayaran secara rutin, masih adanya beberapa papan reklame liar yang tidak terdaftar, serta kurangnya kolektor/staf dilapangan. Hambatan-hambatan inilah yang menyebabakan kontribusi pajak terhadap pendapatan asli daerah sangat kecil, namun dengan adanya hambatan tersebut maka seharusnya menjadi tantangan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Kendari untuk terus mencari solusi yang tepat dan efektif agar Pendapatan Daerah dari sektor pajak daerah khususnya Pajak Reklame dapat ditingkatkan.

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Pajak, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ISSN: 2460-058X REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X