ANALISISPENEMPATAN KERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADABADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA KOTA KENDARI

SYARIEF RACHMAN AL DAMARY

Abstract


Informan penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu menetapkan informan dengan teknik acak berdasarkan homogenitas informan dan menurut kriteria tertentu. Untuk melengkapi data penelitian, maka ditetapkan informan penelitian berjumlah 4 orang yang terdiri dari Kepala BKD, Sekretaris, Kabid Perencanaan dan Pengembangan, dan Kabid Pendidikan dan Pelatihan.

Penempatan kerja aparatur sipil negara pada dimensi pendidikan dalam kategori baik dalam artian tingkat kesesuaian antara pendidikan formal dan informal yang berupa pengalaman kerja yang dimiliki oleh pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Kendari dengan pekerjaan dan tugas yang diemban sudah terlaksana dengan baik; Dimensi pengetahuan kerja dalam kategori cukup mampu tugas dan tanggung jawab dapat dilihat profesionalisme Aparat dengan nyata Aparat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dapat dikategorikan cukup mampu memberikan pelayanan dalam rangka pelaksanaan tugas dan tanggung jawab.; Dimensi keterampilan kerja dalam kategori cukup terampil penyelesaian pekerjaan yang dilaksanakan oleh Aparat pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia cukup tepat waktu atau masih ada; dan Dimensi pengalaman kerja dalam kategori cukup berpengalaman Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Kota Kendari sudah cukup mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.Faktor-faktor yang mempengaruhi penempatan  kerja aparatur sipil negara meliputi prestasi akademik dalam kategori cukup baik Pegawai Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Kendarimemiliki pengetahuan akademis yang baik terhadap prosedur pelayan dan pengetahuan tentang teknis pelayanan yang meliputi retorika yang baik, sopan santun, dan kemampuan memecahkan masalah; Dimensi kesehatan fisik dan mental kategori baik Pegawai Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Kendari.Tes fisik dan mental dapat dilakukan pada saat awal atau akhir; dan dimensi faktor usia kategori produktif .

 

Kata kunci: Penempatan Kerja, Aparatur Sipil Negara


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ISSN: 2460-058X REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X