PERANAN PEMIMPIN DALAM PEMBERDAYAAN PEGAWAI PADA BADAN PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA

RAHMAT SALEH

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Peranan Kepemimpinan Dalam Pemberdayaan Pegawai di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang berusaha menggambarkan permasalahan sebagaimana adanya. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah  Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Sekertaris, Kabid, Kasubid dan staff pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. Adapun teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik pengambilan sample secara acak (random sampling) dari populasi Pegawai Negeri Sipil yang ada.

Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan   bahwa Kepemimpinan pada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara sudah berhasil melaksanakan pemberdayaan pegawai dengan efektif.  Hal  ini  dibuktikan  dengan  adanya  sistem  penempatan  pegawai  berdasarkan kriteria-kriteria yang objektif, sistem pengembangan pegawai yang dilaksanakan secara intens dan memperhatikan kemampuan pegawai serta sistem pemanfaatan pegawai yang memperhatikan kebutuhan dan  kondisi psikologi para pegawainya.

 

Katakunci:peranan,kepemimpinan,dan pemberdayaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ISSN: 2460-058X REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X