IMPLEMENTASI PROGRAM RELOKASI PASAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI PEDAGANG (STUDI KASUS PASAR SENTRAL WUA-WUA KENDARI)

RAHMADANI RAHMADANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi program relokasi pasar dan bagaimana kondisi sosial ekonomi pedagang yang ada pada Sentral Wua-Wua Kendari. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan teknik penentuan informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan, secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program relokasi pasar ke pasar Sentral Wua-Wua Kendari, komunikasi dari aspek sosialisasi program dan perda dan disposisi dari aspek komitmen antara aparat dan pedagang menjadi faktor penghambat dalam implementasi program. Sementara variabel sumber daya dan struktur birokrasi (SOP) menjadi faktor pendukung. Kondisi sosial ekonomi pedagang pasar Sentral Wua-Wua Kendari dari segi pendapatan dinilai buruk, hal ini terlihat dari menurunnya tingkat pendapatan pedagang dari sebelumnya dan menyebabkan pemenuhan kebutuhan hidup menjadi sulit. Sementara interaksi sosial antara pedagang dengan pedagang lain maupun antara pelanggan terjalin dengan baik, hal ini terlihat dari terjalinnya komunikasi yang baik antar pedagang maupun dengan pelanggan dan tidak adanya konflik yang terjadi. Aparat pelaksana atau pemerintah Kota Kendari dalam melaksanakan program relokasi pasar perlu memperhatikan apa yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung dalam imlementasi program relokasi pasar dan perlu adanya dukungan dari masyarakat khususnya pedagang terhadap program pemerintah. Pemerintah perlu memperhatikan kesejahteraan pedagang dengan cara memberantas pasar-pasar ilegal.

Kata Kunci: Implementasi, Sosial Ekonomi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ISSN: 2460-058X REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X