Analisis Pelayanan Publik dalam Pembuatan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kendari

Fransiska Handayani, Darpin Darpin, Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelayanan publik di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari serta Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualiatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan publik dilakukan pada Kantor Imigrasi dalam pembuatan paspor dan dalam pembuatan paspor tersebut maka pihak Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari melakukan Pelayanan yang memperhatikan daripada kenyamanan masyarakat. Dari segi pembuatan paspor tersebut masyarakat juga mesti memenuhi syarat syarat yang telah ditentukan oleh pihak Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I adalah pada aspek sumberdaya manusia dimana sumberdaya manusia yang ada pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari  mempunyai sumberdaya manusia yang baik dan juga didalamya telah ada pembuatan paspor yang berorientasi kepada adanya hasil yang baik dan berkualitas dan kemudian juga dari segi sarana dan prasarana yang ada dimana telah disiapkan adanya ruang tunggu yang memiliki kondisi ruangan yang baik.


Keywords


Pelayanan Publik; Pembuatan Paspor; Sumber Daya Manusia

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S.Ruky. 2012. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Bumi Aksara

Boediono. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2002. Jakarta: Balai Pustaka.

Kurniawan.Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta.Penerbit. Pembaharuan.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta, STIA LAN Press.

Moenir. 2015. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Napitupulu, Aimin. 2007. Menuju Pemerintahan Perwakilan, PT. Alumni,. Bandung

Ndraha, Taliziduhu. 2000. Kybernologi (Ilmu Pemerintah Baru).Jilid 1-2 Rineka Cipta. Jakarta

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik, Alfabeta, BandungJakarta.

Prasojo Eko. 2006. Aditya perdana, Norr Hiqmah, Kinerja Pelayanan Publik: Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja, Keterlibtan dan Partisipasi dalam Pelayanan Pendidikan, Kesehatan dan Kependudukan, Jakarta:Yappika

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Savas, E.S. 2007. Privatization - The Key to Better Government.Chatham House Publisher, Inc., Chatham. New Jersey.Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung ALFABETA

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011 .Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta:Bumi Aksara

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju

Wasistiono, Sadu. 2001. Kapita Selekta Manajemen Pemerintah Daerah. Sumedang: Alqoprint


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Fransiska Handayani, Darpin Darpin, Muhammad Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X