ANALISIS KINERJA LEMBAGA EKONOMI MASYARAKAT SEJAHTERA PADA PROGRAM GERAKAN NASIONAL KAKAO DI KABUPATEN KOLAKA UTARA

Muh. Rijal Muh. Rijal

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kinerja lembaga Ekonomi Masyrakat (LEM)  kakao di Kabupaten Kolaka Utara. Penelitian ini menggunkana jenis penelitian Kualitatif dengan metode Analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga cara yakni : wawancara dan studi dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Gerakan Nasional di Kabupaten Kolaka Utara sudah berjalan sesuai standar operasional yang tercantum dalm juknis, meliputi peremajaan kebun, rehabilitas kebun, intensifikasi kebun, pemberdyaan petugas dan petani, pembangunan dan operasional unit pengelolaan pasca panen, dan pengembangan system data base teknologi budidaya kakao. Kinerja LEM Sejahtera dalam gernas kakao di Kabupaten Kolaka Utara dilihat dari segi produktivitas, responsibilitas dan akuntabilitas sudah berjalan dengan baik. Sedangkan dari dimensi kualitas layanan dan responsivitas belum berjalan dengan baik segi sumber daya manusia maupun pendanaan/anggaran. Artinya bahwa dengan kinerja LEM Sejahtera yang baik maka program Gernas Kakao di Kabupaten Kolaka Utar dapat terwujudkan, demikian dan sebaliknya. Oleh karena itu untuk meningkatkan kinerja LEM Sejahtera maka perlu peingkatan sumbera daya LEM Sejahtera baik dari segi sumberdaya manusia maupun pendanaan/anggaran.

 

Kata kunci  : Kinerja, LEM Sejahtera dan Program Gernas Kakao


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 REZ PUBLICA



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X