PENGEMBANGAN KAPASITAS PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Poasia Kota Kendari)

MEGAWATI MARANSA

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kapasitas pegawai negeri sipil dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Puskesmas Poasia Kota Kendari.Adapun indikator yang digunakan untuk mengukur pengembangan kapasitas pegawai negeri sipi adalah Pengetahuan, Keterampilan, Potensi Diri, Motif Bekerja dan Moral. Sedangkan indikator kualitas pelayanan publik adalah berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, sehingga ini membutuhkan informan kunci dan informan pelengkap. Informan kunci (key informan), yaitu Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian serta 2 Pegawai Negeri Sipil Puskesmas Poasia Kota Kendari. Adapun informan pelengkap yaitu 5 orang masyarakat,  yang merasakan pelayanan pada Puskesmas Poasia Kota Kendari. Dengan demikian informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang.

Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa pengembangan kapasitas pegawai negeri sipilpada Puskesmas Poasia Kota Kendari telah dilaksanakan dengan cukup baik, ini dipengaruhi dari beberapa faktor salah satunya masih ada beberapa pegawai yang tingkat pendidikannya belum memadai dan belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan sehingga pengetahuan dan keterampilannya masih kurang dalam bekerja. kualitas pelayanan Puskesmas Poasia Kota Kendari tergolong baik, tetapi masih ada beberapa pegawai yang belum maksimal dalam bekerja, fasilitas dan peralatan kesehatan yang perlu ditingkatkan. Terlaksananya pengembangan kapasitas Pegawai Negeri Sipil dengan baik, maka akan mempengaruhi kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien/masyarakat.

Kata kunci : Pengembangan Kapasitas, kualitas pelayanan publik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ISSN: 2460-058X REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X