Analisis Manajemen Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat (Studi Pada Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara)

Firdayanti Firdayanti, Arifin Utha, Adrian Tawai

Abstract


This Research Aims To Know How Public Service Management In Increasing Public Reading Interest In The Library Office Of North Kolaka Regency. The Method Used In This Research Is To Use A Descriptive Qualitative Approach By Means Of Observation, Interview And Documentation. Based On The Results Of Research Conducted By Researchers Regarding Public Service Management In Increasing Public Reading Interest, It Can Be Concluded That Public Service Management In Increasing Public Reading Interest Carried Out By The Library Has Not Been Fully Maximized. Given That There Are Still Shortcomings Of Interview Results From The Library And From The Library User Community. Where The Facilities And Infrastructure Owned By The Library Are Not Completely Adequate. Service Fees Also That Do Not Have Written Rules. Then Regarding Reading Gardens Cannot Be Realized Well. Also For The Promotion Has Not Been Going Well Because In Its Implementation, The Library Has Not Fully Involved Community Leaders. In Addition, Reading Activities Have Not Gone Well, Because The Library Has Not Fully Involved All Related Elements.

Keywords


Public Service; Management; Library; Public Reading Interest

Full Text:

PDF

References


Alim, A. 2016. Analisis Pola Pelayanan Petugas Kapal Feri Penyeberangan Labuhan Haji-Simeulue. Skripsi Program Studi Administrasi Negara. Universitas Teuku Umar. Aceh Barat.

Amal, Ernawati. 2016. Analisis Pelayanan Perpustakaan Pada Kantor Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Sigi. Jurnal Katalogis Vol. 4(4). Universitas Tadulako. Palu.

Arifin, Hayulia, dkk. 2013. Konsep Dasar Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Arista, Rafelia. 2019. Kualitas Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara. Vol 6(4). Universitas Subang. Subang.

Armawaddin, Muh, dkk. 2018. Analisis Pelayanan Publik Yang Pro Poor Pada Penyediaan Air Bersih Perpipaan. Jurnal Mega Aktiva Vol.7(1). Universitas Halu Oleo. Kendari.

Hayat. 2017. Model Pengembangan Ekowisata dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Lokal. Jurnal Politik Indonesia. Universitas Islam Malang. Malang.

Hendri, Sukojo. 2010. Analisa Marketing Mix-7p (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Psysical Evidence) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis Vol.1(2). Surabaya.

Hutasoit, C.S. 2011. Pelayanan Publik: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: MagnaScript Publlishing.

Jufri, Khaeria. Z. 2018. Kompetensi Sumber Daya Manusia di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah Gowa. Jurnal Adminisitrasi Negara. Vol. 5(2). Universitas Negeri Samarinda. Makassar.

Kasiyun, Suharmono. 2015. Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia Vol. 1(1). Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Kurniawati, R. Deffi dan Prajarto, Nunung. 2013. Peranan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Berkala. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Vol. 3(7).

Lina, Neng. Y, dkk. 2019. Pengaruh Kegiatan Literasi Pada Peningkatan Minat Baca Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Vol. 2(2).

Lukman, Ahmad dan Munawir. 2018. Sistem Informasi Manajemen. Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh (KITA). Aceh.

Mahardika, A.S. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Kenjeran Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik (JPAP) Vol.2(1). Universitas 17 Agustus 1945. Surabaya.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Upp AMP YKPN.

Maulidia, Rahma. N, dkk. 2015. Strategi Peningkatan Minat Baca Anak. Jurnal Administrasi Publik Vol. 3(5). Universitas Brawijaya. Malang.

Moenir, H. A. S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Muiszudin dan Boldi. 2015. Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Manajemen Motivasi 681.

Universitas Muhammadiyah Pontianak. Pontianak.

Najmi, Fahlin. 2017. Pengaruh Keandalan dan Prosedur Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Urusan Agama Liang Anggang Kota Banjar Baru. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Vol. 3(2). Kalimantan Selatan.

Nuha, Ulin. 2014. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perpustakaan Dengan Pendekatan Bilingual. Jurnal Perpustakaan Libraria Vol. 2(1). STAIN. Kudus.

Nur, Ilham. T. 2016. Minat Baca Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. 5(6).

Periyati. 2017. Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa dalam Mencari Informasi. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca Vol. 3(1). Universitas Andalas. Padang.

Prabowo, Aan dan Heriyanto. 2013. Analisis Pemanfataan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol. 2(2). Universitas Diponegoro. Semarang.

Prawoto, Agus. 2011. Penilaian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan. BPFE. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Firdayanti Firdayanti, Arifin Utha, Adrian Tawai

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X