PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN PERKOTAAN KELURAHAN WATU WATU KECAMATAN KENDARI BARAT KOTA KENDARI

K O K O H K O K O H

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi masyarakat miskin Dikelurahan Watu Watu Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari. (2) fakto faktor  yang mempengaruhi  pemerintah dalam mengatasi masyarakat miskin Dikelurahan Watu Watu Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pemberdayaan masyarakat dalam mengatasi masyarakat miskin Dikelurahan Watu Watu Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari. (2) untuk mengetahui  keberhasilan pemberdayaan masyarakat miskin keurahan watu watu kecamatan kendari barat kota kendari. Manfaat penelitian ini : (1) Secara teoritis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau masukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya sosiologi dan menambah kajian tentang kemiskinan. (2) Secara praktis, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah sebagai dasar atau juknis pengambilan kebijakan. (3) Manfaat akademis : hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagi bahan referensi bagi peneliti lainnya yang hendak meneliti yang berhubungan dengan judul ini.

               Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan watu watu  Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling yaitu teknik penentuan informan secara sengaja yang berjumlah 20 orang dan data penelitian ini diperoleh melalui observasi (pengamatan), interview (wawancara) serta analisis secara deskriftif kualitatif.

              Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program bantuan pemerintah yang dilakukan pemerintah dalam menberdayakan  masyarakat miskin kelurahan watu watu  yaitu bantuan beras miskin (RASKIN), bantuan penerima jaminan sosial (BPJS), program penanggulangan kemiskinan di perkotaan (P2KP) dan program peningkatan kualitas permukiman(PPKP), sejalan dengan program tersebut ternyata akan ada aspek aspek yang dihadapi(1)Sifat kepentianagan yang dipengaruhi (2)perubahan perilaku (3)kejelasan manfaat (4)aparat pelaksana  (5)dukungan sumberdaya.

 

Kata Kunci: Program pemberdayaan,Kemiskinan dan Perkotaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 ISSN: 2460-058X REZ PUBLICA Jurnal Administrasi Publik



=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X