Kualitas Kerja Aparatur Pemerintahan Dalam Pelayanan Pernikahan Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah

Nur Latifah Fauziah, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kerja aparatur pemerintahan dalam pelayanan pelayanan pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas kerja aparatur dalam pelayanan publik pada Pelayanan Pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah berdasarkan penelitian yang telah dilakukan yaitu kualitas kerja masih ada yang belum berjalan dengan baik tentang proses kerja. Hal ini dapat dilihat karena masih terdapat kendala yang dialami oleh pegawai dimana masih kurangnya komputer dan jaringan internet sehingga berpengaruh terhadap kualitas kerja pegawai kantor. Mengenai pelayanan yang diberikan pegawai Kantor Urusan Agama dalam hal kedisiplinan kehadiran juga dikatakan masih kurang baik, hal ini dikarenakan masih ada beberapa pegawai yang belum disiplin dalam mengikuti aturan jam masuk dan pulang kantor sehingga berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.Kata Kunci: Kompetensi, E-Klim, Kualitas Pelayanan.


Keywords


Kualitas Kerja; Pelayanan Publik; Pelayanan Pernikahan

Full Text:

PDF

References


Aulia, Nur Rahmah. 2019. Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Pondambea Kecamatan Kadia Kota Kendari. Skripsi. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya) Edisi Revisi. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Askara.

Lestari, Nova Ayu. 2020. Pelayanan Pencatatan Pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Mariso Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Meldawati. 2020. Kualitas Pelayanan Nikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muazansyah, Iman. 2018. Pengaruh Kemampuan Kerja (Work Ability) dan Kualitas Kerja (Work Quality) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan. Jurnal Aplikasi Administrasi. Vol 21 No. 1.

Muksalmina. 2020. Pernikahan Sirri dalam Prespektif Hukum Islam dan Hukum Positif. Inovasi Penelitian. Vol. 1 No. 2.

Oktasari, Defi Maya. 2015. Implementasi Kepmen PAN No. 63 Tahun 2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan publik di kantor Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu pemerintahan. Vol. 3 No. 2.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2007 Tentang Pencatatan Nikah.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2016 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Pasal 3 Tahun 1975 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 9 Pasal 6 Ayat (1) Tahun 1974 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1975.

Purbasari, Dewi Maharani dan Purbasari, Dewi Laily. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen. Vol 2 No. 1.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2015. Manajemen Pelayanan. Yugyakarta : Pustaka Pelajar.

Santoso. 20016. Hakikat Perkawinan Menurut Undang-Undang Perkawinan Hukum Islam dan Hukum Adat. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosial Keagamaan. Vol 7 No.2.

Sayd, Geraldino A, dkk. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kinerja Kantor Pertanahan Reto Ndao. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 19 No. 3.

Setiyadi, Yusuf Wildan dan Wartini, Sri. 2016. Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen. Vol 5 No. 4.

Sinambela, Lijian Poltak, dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Pasal 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Pasal 2 Ayat (1 dan 2) Tahun 1974 Tentang Perkawinan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Pasal 7 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Nur Latifah Fauziah, Nurjannah Nurjannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

=====================REZ PUBLICA====================

REZ PUBLICA has been covered by the following indexes:

 

 

Office: Jl. H.E.A. Mokodompit Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu, Kendari, Indonesia. Telp: (0401) 3192511 | rezpublica@uho.ac.id www.uho.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

ISSN 2460-058X