Peran Perpustakaan Digital Poltekkes Kendari Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19

La Ode Herman Halik, Andriani Andriani, Zulfiah Larisu

Abstract


Latar belakang yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu pemahaman pengelola perpútastakaan digital selama masa pandemi covìd-19.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Perpustakaan Digital Poltekkes Kendari Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan konsep saleh (2014) dan Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptìf kualitatìf, informan dalam penelitian ini sebanyak tiga belas orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan  dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan ađalah pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Perpustakaan Digital Poltekkes Kendari Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 yaitu menyediakan koleksi sebagâi sumber informasi dan menyediakan sebagai tempat belajar mahasiswa.

 

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Kảim Batubara (2009) Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan.Jurnal Iqra’ Volume 03 No.01. hal.12

Anonimous, Kamus Indonesia, Balai Pustaka: Jakarta, 1996

Astuti, P., & Febrian, F. (2019).Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111- 119.

Fahmi.Ismail. (2004) inovasi jaringan perpustakaan digital: Network of Networoks NeONs 2. Makalah seminảr dan Workshôp sheải perpustakaan dan informasi Universitas Muhammadiyah Malang 4 Oktober 2004.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education.

Hartono. (2016). Manajemen perpustakaan profesional: Dasar-dasar teori perpustakaan dan aplikasinya. Sagung Seto.

Hasibun Zainal A. (2005). Pengembangn perpustakaan Digital Studi Kasus

Hildayati Raudah Hutasoit,” Perpustakaan Digital Perpustakaan Masa Depan”,jurnal iqra Vol.o6 No. 2 Okt, 2012.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education.

Naserly, M. K. (2020). IMPLEMENTASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN WHATSAPP GROUP DALAM MENDUKUNG PEM BELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Perpustakaan Universitas Indonesia. Makalah Pelatihan Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi Cisanus Bogỏ 17-18 mei 2005.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020).Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT 63 Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Saleh, A. R. (2014). Pengembangan Perpustakaan Digital.Jurnal Pustakawan Indonesia.

Savanur K.P and Nagaraj. M., (2004), Design and Implement of digital library: An overview

Sayekti, Mardianto.2019.Perpustakaan Digital:mengukur penerimaan inovasi teknologi medan:Aulia Grafika.

Subrata, G. (2009). Perpustakaan Digital. Pustakawan Perpustakaan UM, 1(3), 1–11

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung.

Alfabeta.

Suryandari, Ari (Ed.). 2007. Aspek Manajemen Perpustakaan Digital. Jakarta: CV SagungSeto

W.J.S Poerwadarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN Balai Pustaka,Jakarta 1984.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.

Zuriati, S., & Briando, B (2020) Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Online di

Masa Pandemi pada Sekolah Menengah Atas Negeri Empat

Tanjungpinang.Webminar dan Call for Papers “Menyongsong Era

Merdeka Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Library and Information Science Study Program, Halu Oleo University

Kendari, South Eeast Sulawesi Province, Indonesia

 

 

Editorial Office:

The Building of Social Science and Political Science Faculty, Halu Oleo University

Library and Information Science Study  Program Room, On The Second Floor. 

Kambu, Kendari City, South East Sulawesi

Contact: 081799965920