Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dalam Mempromosikan Perpustakaan Mini Wanderer Sebagai Komunitas Literasi Dan Informasi

Riky Aditya Putra, Asrul Jaya, Rivi Handayani

Abstract


Perpustakaan mini wanderer melakukan adaptasi dengan cara memanfaatkan facebook sebagai media sosial dalam pennyebaran informasi agar masyarakat atau mahasiswa dapat megakses informasi yang disebarkan oleh perpustakaan mini wanderer. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana, pemanfaatan facebook dalam mempromosikan perpustakaan mini wanderer sebagai komunitas literasi dan informasi. Penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi oleh Everett M Rogers (1961) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.  Teknik penentuan informan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling, yaitu memilih secara sengaja dengan pertimbangan bahwa yang bersangkutan mengetahui dan memahami betul inti permasalahan dengan kriterian informan sebagai berikut: Pemilik komunitas perpustakaan mini wanderer dan relawan komunitas perpustakaan mini wanderer dengan status aktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Mini Wanderer sedang memanfaatkan media sosial facebook Sebagai situs jejaring sosial, facebook dapat dijadikan sebagai media promosi. Mengingat begitu pesatnya perkembangan penggunaan facebook, banyak kalangan yang memanfaatkan media facebook sebagai strategi promosi, komunitas perpustakaan mini wanderer juga menyebarkan informasi melalui halaman facebooknya, dengan alasan bahwa perkembangan teknologi yang saat ini berubah pola pencarian informasi masyarakat, sehingga komunitas juga melakukan perubahan tersebut. Facebook juga merupakan salah satu media komunikasi yang efektif dalam mepromosikan maupun menyebarkan informasi maupun bentuk dalam teks, gambar atau video karena memang tidak di batasi oleh ruang dan waktu, sehingga siapapun bisa mengaksesnya.


Full Text:

PDF

References


Afriani, N., & Yunaldi, Y. (2012). Peranan Promosi Perpustakaan Terhadap Kunjungan Pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Solok. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 9–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/331 (di akses pada 14 januari 2022).

Asnamawati, Lina. 2015 "Strategi Percepatan Adopsi Dan Difusi Inovasi Dalam Pemanfaatan Mesin Tanam Padi Indojarwo Transplanter Di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu." Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT.

Awalia, Siti Humairoh.(2017)."Peran Komunitas Baca Pandeglang (KBP) Dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Melalui Storytelling."

Agusta, Aras Satria. (2020) "komunitas baca dalam menyebarkan virus literasi perpustakaan jalanan”." Jurnal Iqra’Volume 14.

Barokah, Siti, et al. 2021. "Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara." J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy.

Budi, B. B., Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), 34. https://doi.org/10.25077/rk.3.1.34-44.2019 (di akses pada 14 januari 2022).

Dewi Oktaviani. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Iain Metro. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5).

Fatmawati, Endang. (2018). "Mengulik Kompleksitas Proses Difusi Inovasi Teknologi di Perpustakaan." Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga.

Herlambang, Yanuar. (2014) "Participatory Culture dalam Komunitas Online sebagai Reperesentasi Kebutuhan Manusia." TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Haryadi, Toto. (2018). "adaptasi teori difusi-inovasi dalam game dengan pendekatan komunikasi smcr, " Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi volume 1

Huda, W. Al. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Adabiya, , 3, 0–9.

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada Pt.Apm Rent Car. 2(2), 64–77.

Indra, Hafizal, and Nunung Nurwati.(2017) “peranan perpustakaan komunitas dalam minat baca anak : studi kasus di rumah baca zhaffa manggarai” .Share: Social Work Journal vol 7.

Latif, F. (2019). peran perpustakaan komunitas masyarakat rumah baca evergreen dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat kota jambi.

Masudi, and Rukiyah.(2019).peran perpustakaan komnitas dalam pemenuhan kebutuhan infomasi mahasiswa:stusi kasus rumah buku simpul " Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Mujahidah, Mujahidah.(2013) "Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Komunikasi." Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi.

Mustika, R. (2019). Facebook sebagai media promosi (Studi Kasus Kualitatif Jejaring Sosial Facebook Sebagai Media Promosi Pada Manchester Language Center) skripsi.

Mulyadi, Mulyadi, Iskandar Zulkarnain, and Nurdin Laugu. (2019):. "Adaptasi pustakawan dalam menghadapi kemajuan teknologi." Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 15.2 163-174.

Meilasari, D. (2021). Penerapan Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2003), Pengembangan Sumber Daya manusia.jakarta:PT.Rineka cipta.

Prasetiawan, H. (2016). Cyber Counseling Assisted With Facebook To Reduce Online Game Addiction. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 28. https://doi.org/10.24127/gdn.v6i1.409 (di akses pada tanggal 15 januari 2022).

Purwanti, arini eka. (2010). Pemanfaatan facebook sebagai sarana promosi perpustakaan : studi kasusu perpustakaan forum Indonesia membaca, skripsi.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950 ( di akses pada tanggal 16 januari 2022).

Reza, M. A. D. E. (2020). Peran Komunitas Literasi Perpus Rakyat Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kota Jambi.

Rozi, F. (2021). Strategi Promosi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Merangin Skripsi.

Saleh, A. R. (2014). Pengertian Perpustakaan dan Dasar-dasar Manajemen Perpustakaan Pendahuluan.

Sutjipto, Aldila Maharani, and Janette Maria Pinariya. (2019). "Pengenalan Vaksinasi Hpv Oleh Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks Dengan Pendekatan Teori Difusi Inovasi." WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Sabilla, Fitria, Sidiq Setyawan, and M. I. Kom. (2018). Sosialisasi Inovasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tirta Mandiri Oleh Pemerintah Desa Ponggok, Klaten Dengan Pendekatan Teori Difusi Inovasi. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syahrizal, R. (2013). Analisis pemanfaatan situs jejaring sosial facebook dan twitter sebagai sarana promosi kantor perpustakaan umum kota medan, skripsi.

Santoso, W. M. (2014). Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Jakarta yayasan pustaka obor indonesia

Yandini, ika elvara. (2019). Peran Perpustakaan Komunitas Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Elvara.

Yandini, Elvara Ika.(2019). Peran Perpustakaan Komunitas Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Diss. Universitas airlangga.

Yuni, F. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika,19(2),152.http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/view/2120 ( di akses pada tanggal 16 juni 2022).

Zubair, Agustina.(2017) "Fenomena Facebook: Keterlibatan Teknologi Komunikasi dalam Perkembangan Komunikasi Manusia." Jurnal Aspikom 1.60-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Library and Information Science Study Program, Halu Oleo University

Kendari, South Eeast Sulawesi Province, Indonesia

 

 

Editorial Office:

The Building of Social Science and Political Science Faculty, Halu Oleo University

Library and Information Science Study  Program Room, On The Second Floor. 

Kambu, Kendari City, South East Sulawesi

Contact: 081799965920