Optimalisasi Layanan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada SMKN 2 Konawe Selatan

Linda Irawati, Masrul Masrul, Fera Tri Susilawaty

Abstract


Latar belakang yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya minat baca siswa diperpustakaan, sehingga hal ini menjadi hal ini menjadi penting untuk dilakukan penelitian terkait dengan masalah yang terdapat diperpustakaan SMKN 2 Kendari, apakah hal tersebut dipengaruhi dari segi pelayanan perpustakaan atau adanya faktor lain yang mempengaruhi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya optimalisasi layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di perpustakaan SMK Negeri 2 Konawe Selatan. Informan yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder, jenis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian adalah pendekatan analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pelayanan perpustakaan SMKN 2 Konawe Selatan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa diperpustakaan dilakukan dengan optimal melalui kelima indikator diantaranya yaitu pelayanan tangible dilakukan dengan melengkapi fasilitas sarana prasarana perpustakaan seperti meja, kursi, lemari atau rak koleksi, pendingin ruang serta koleksi. Pelayanan realible dilakukan dengan cara pelayanan cepat, tepat atau akurat. Pelayanan resposiveness dilakukan dengan menanggapi keluhan-keluhan pemustaka. Pelayanan assurance dilakukan dengan pelayanan dengan penuh keramahan kepada seluruh pemustaka. Pelayanan emphaty dilakukan dengan menunjukkan rasa perhatian dan kepedulian kepada pemustaka.


Full Text:

PDF

References


Amral, Sainil. 2004. Analisis Hubungan kemampuan membaca dengan presentasi belajar bahasa indonesia. Studi SLTP Kota Jambi (Forum Pendidikan, Volume 29).

Armansyah, Cut. 1998. Penerapan Total Quality Management dalam Manajemen Perpustakaan : Survey pada beberapa perpustakaan di Jakarta : Tesis Pascasarjana Universitas Indonesia.

Assauri, S. (1999). Manajemen Produksi dan Operasi: Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas, Ekonomi Univesitas Indonesia.

Bafadal, Ibrahim. 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Malang : Bumi Aksara.

Bafadal, Ibrahim. 2010. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Basuki, Sulistyo. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta : PT. Grasindo.

Daryanto. 1985. Pengetahuan Praktis Bagi Pustakawan. Malang: Bina Cipta.

Fandy, Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi analisis multivariative dengan program IBM SPSS19. Edisi 5, semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegro.

Hartono. 2008. Perpustakaan dalam Praktek Knowledge Enabler : Perspektif Pustakawan. https://byupustakawan. wordpress.com/2008/05/03/perpustakaan-dalam-praktekknowledge- abler-perspektif-pustakawan.

Khadijah, C. D. 2017. Optimalisasi layanan berbasis teknologi informasi dalam rangka pencapaian pelayanan prima (excellent services) pada UPT perpustakaan Universitas Negeri Medan. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 11(2).

Kosim M. Sholeh. 2008. Buku Ajar neonatologi. Edisi pertama. IDAI. Jakarta.

Leonhard, Mary. 2000. 99 Cara Menjadikan Anak Anda Keranjingan Membaca. Bandung : Kaifa.

Listiawati, Nur. 2017. Kondisi Lima Lima Bacaan Masyarakat (TBM) di tanggerang dan bandung dalam upaya meningkatkan Minat baca masyarakat, dalam Jurnal Pendidikan &kebudayaan.

Luthfiyah, F. 2015. Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan layanan perpustakaan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Nasuhi, M. 201). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa di MAN 2 Mataram (Studi Tentang Optimalisasi Layanan Perputakaan). Jurnal SIKAP (Solusi Ilmiah Kebijakan dan Administrasi Publik), 3(2).

Nursangada. 2019. Optimalisasi Layanan Perpustakaan dalam Meningakatkan Minat Baca Siswa MTs.N Kalijangkrek Kabupaten Magelang Jurnal Edu Trained Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019.

Qulyubi, Syihabuddin. 2007. Dasar Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Fakultas Adap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rahayuningsih. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rambat, Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Rismayeti. 2009. Proposal Penelitian tentang Peranan Pustakawan dalam Pengelolaan Perpustakaan di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Riau. https://rismayeti.wordpress.

Rubianti, Leny. 2008. Makalah Sistem Informasi layanan Sikulasi Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Jrebeng Kulon 2 Probolinggo.

Siregar, Doli, 2004. Manajemen Aset. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, IKPI.

Soeatminah. 1992. Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustakawan. Jakarta : Kanisius.

Sudarsana, U. Bastiano. (2010). Pembinaan Minat Baca. Tanggeran Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka cipta.

Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto Lasa. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Sinaga, Dian Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi Media Utama.

Woodward, Mark R. 2009. The Shari`ah and The Sacred Doctrine: Muslim Law and Mystical Doctrine in Central Java, Ann Arbor: UMI.

Yusuf. 2010. Manajemen Perpustakan Sekolah. Jogjakarta: Diva Pres.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Library and Information Science Study Program, Halu Oleo University

Kendari, South Eeast Sulawesi Province, Indonesia

 

 

Editorial Office:

The Building of Social Science and Political Science Faculty, Halu Oleo University

Library and Information Science Study  Program Room, On The Second Floor. 

Kambu, Kendari City, South East Sulawesi

Contact: 081799965920