Peran Guru Dalam Membagikan Bahan Pustaka Kepada siswa pada Media Pembelajaran Online di masa Pandemic Covid 19 di SMA Negeri 11 Kendari

Rindha Syaifadillah, Masrul Masrul, Asrul Jaya

Abstract


SMA Negeri 11 Kendari yang ada dikota kendari juga merupakan lembaga pendidikan yang ikut menerapkan kegiatan pembelajaran online dalam mengatasi permasalahan pendidikan pada masa pandemi Covid19. sejak diterapkannya pembelajaran online di SMA Negeri 11 Kendari banyak mengalami kesulitan dalam  hal belajar mengajar selama masa pandemic. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam memberikan bahan pustaka kepada siswa melalui media pembelajaran online di SMA Negeri 11 Kota Kendari. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di SMA Negeri 11 Kota Kendari informan penelitian ialah berjumlah 6 orang yang di tetapkan secara purposive sampling antara lain terdiri 3 orang guru, 3 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa. Media Pembelajaran online yang digunakan oleh guru di SMA Negeri 11 kota kendari untuk membagikan bahan pustaka kepada siswa belum sepenuhnya membantu dalam menunjang pembelajaran dirumah.

 


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan (2013) Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi Pustaka Karya.

Astuti, H.J. (2007) Analisis Kepuasan Konsumen (Servqual Model dan Jurnal MediaEkonomi,7(1),1-20. http://id.portalgaruda.org/?raf=browser&mod=vieewarticle&article=9606

Desri Arwen. Student Learning Motivation Influences The D

evelopment Of The Corona Virus Pandemic (Covid 19). International Journal of Advanced Science and Technology, 2020. 29 (9s), 4911-4925

Dian Ratu Ayu Uswatun Khasana, Hascaryo Pramudibyanto, Barokah Widuroyekti. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19, (Jurnal Sinestesia, 2020). Vol. 10, No. 1.

Gunawan, Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the Covid-19 Pandemic Period. (Indonesia Journal ofTeacherEducation, 2020), 1 (2), 61-70.

Habel. (2015) Peran Guru Kelas Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah dasar 005 didesa Setarap Kecamatan Malinan Selatan Kabupaten Malinan. Journal Sosiologi 194-27.

Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. Keefektifan E-learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, Nomor 1.

Isbaniah Fathiyah,. Pedoman Pencegahan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19).

Khoirunnisa, 2020. “Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Strategi Pembelajaran Dan Capaian Hasil Belajar Pada Siswa Kelas III B MI Al-Ittihaad Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelarang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Kumar, C. R. (2014). Relationship marketing: way to customer loyalty. International Journal of Applied Services Marketing Perspective, 3(4), 2012-2015.

Julia, Mahrita.2019.Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tipe Think Pair Share di SMKN 3 Banjarmasin. Makalah. Dalam:SEMPIKA II di Pendidikan Matematika FKIP Lambung Mangkurat Banjarmasin, 12 Oktober.

Laatuconsina, Nurkhalisa. 2013 Pengelola Kelas dalam Pembelajaran. Cet 1 Makasssar : Alauddin University Press.

Lukman Hakim dan Uus Musalini 2014, Cara Media Memadukan Web Desain dan Web Programming, PT Elex Media Komputer.

Molinda, M. (2005), Instructional Technology and Media Learning New Jersey Colombus, Ohio

Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Implus dan Momentum. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIB Syarif Hidayatullah Jakarta.http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/26232/3WIWI%20MULYANI-FITK.PDF

Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: SPS Universitas Pendidikan Indonesia. (2008)

Nisa, LC. (2002). Pengaruh Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistics Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. Jurnal Phenomenon 2(1), 7-26.http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/416

Richarud Mayer. Multimedia Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2009).

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta:PT. Raja Grafindo.

Santoso, E (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/123451793.pdf

Soundarya N. A study on COVID-19’s effect on Teaching Learning Process in Engineering Educationin the Post Pandemic in school. (International Journal of Advanced Science and Technology, 2020). 29(08), 2395- 2414

Sudarmoyo. (2018) Pemanfaatan Aplikasi Sway untuk Media Pembelajaran Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2013 No 4 (2018, 3 (4).

Supriyanto, Yuli “Membangkitkan Kreativitas Anak di Sekolah”, Buletin Pusat Perbukuan, Vol. 10. Tahun 2004

Sutarno NS. 2006 Manajemen Perpustakaan. Jakarta. Cv Sagung Seto.

Tahrus, Zainun N.H. 2020. Dunia dalam Ancaman Pandemi: Kajian Transi Kesehatan Mortalitas Akibat Covid19. https://www.researchgate.net/publication/340224377

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan.

Yulia, Y. (2014). Pengembangan Koleksi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid19); Sebuah Tinjauan Literatur WELL AND HEALTHY MAGAZINE Volume 2, Nomor 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Library and Information Science Study Program, Halu Oleo University

Kendari, South Eeast Sulawesi Province, Indonesia

 

 

Editorial Office:

The Building of Social Science and Political Science Faculty, Halu Oleo University

Library and Information Science Study  Program Room, On The Second Floor. 

Kambu, Kendari City, South East Sulawesi

Contact: 081799965920