Analisis Prosedur Penyiangan Bahan Pustaka Pada Ruang Koleksi Umum Di UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo Kendari

Aswinda Aswinda, Siti Harmin, Muhammad Rajab

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui prosedur penyiangan bahan pustaka pada ruang koleksi umum di UPT Perpustakaan Universitas Halu Oleo Kendari. Penelitian ini menggunakan Konsep konsep prosedur penyiangan oleh Yulia (2010: 937) dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive samplingdenganjumlah informan sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prosedur penyiangan bahan pustaka pada ruang koleksi umumdilakukan dengan menjadikan kondisi fisik, tingkat keterpakaian dan duplikasi sebagai acuan dalam pemilihan bahan pustaka.Pemberian cap “Dikeluarkan dari koleksi perpustakaan” sebagai bukti bahwa bahan pustaka itu sudah bukan milik perpustakaan lagi juga dilakukan serta bahan pustaka yang sudah rusak berat dan tingkat keterpakaiannya rendah dan bahan pustaka yang duplikasinya banyak nantinya tidak akan dikembalikan lagi ke rak namun akan digudangkan ataupun disumbangkan  saja.Penukaran koleksi atau hibah pada bahan pustaka yang disiangi dilakukan dengan memperhatikan tingkat keterpakaian dan banyaknya eksampar pada bahan pustaka tersebut.penempatan koleksi yang sudah disiangi di gudang terlebih dahulu menarik kelengkapan koleksinya seperti kartu catalog buku yang nantinya akan dijadikan arsip bagi perpustakaan. Data 3 tahun terakhir bahan pustaka tersebut digunakan oleh pemustaka sebagai acuan dalam kegiatan penyiangan yang dilakukan serta serta penyelamatan konten isi dari bahan pustaka yang disiangi tidak dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Siregar, Ridwan. 1993. “Pengelolaan Mutu Dalam Perpustakaan Perguruan Tinggi”. Buletin Perpustakaan BKS-PTN-B Vo.IV No.1-2.

Sugiyono.2009 . “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung : Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 1983. “Metodologi Penelitian”. Jakarta : Rajawali.

Winoto, Yunus. 2004. “Penyiangan (weeding) bahan pustaka : sebuah tinjauan teoritis”. Jurnal info PERSADA : Media Informasi Perpustakaan Sanata Darma, Vol.2 No.2, h, 17.

Yulia, Yuyu. 1999. “ Perawatan Bahan Koleksi ”. Jakarta : Univerwsitas Terbuka.

Yulia, Yuyu. (2009). “Penyiangan Koleksi”.Jakarta : Universitas Terbuka.

Yulia, Yuyu dan Janti G. Sujana. 2009. “ Kebijakan Pengembangan Koleksi”. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Yulia, Yuyu dan Janti G. Sujana. 2009. “Pengembangan Koleksi”. Jakarta : Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Library and Information Science Study Program, Halu Oleo University

Kendari, South Eeast Sulawesi Province, Indonesia

 

 

Editorial Office:

The Building of Social Science and Political Science Faculty, Halu Oleo University

Library and Information Science Study  Program Room, On The Second Floor. 

Kambu, Kendari City, South East Sulawesi

Contact: 081799965920