Transformasi Perpustakaan Terapung Panre Dilao Sebagai Pusat Informasi Terintegrasi Masyarakat Desa Wawatu

Mohammad Ricky Ramadhan Rasyid, S.S., M.Hum, Hera Pebrianti

Abstract


Kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan merupakan isu kritis di Indonesia. Desa Wawatu, sebagai bagian dari konteks pedesaan ini, juga menghadapi tantangan serupa. Infrastruktur pendidikan di Desa Wawatu masih sangat terbatas, mencerminkan permasalahan yang lebih luas dalam akses pendidikan di daerah pedesaan. Perpustakaan Panre Di Lao merupakan manifestasi konkret dari fenomena kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan tersebut. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, serta analaisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menujukkan bahwa perpustakaan Panre Di Lao bertransformasi menjadi tempat yang bukan hanya sebagai penyedia bahan bacaan, tetapi menjadi sebagai pusat informasi terintegrasi bagi masyarakat Desa Wawatu. Meskipun terdapat tantangan yang harus dihadapi, perpustakaan terapung Panre Di Lao dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kehidupan masyarakat Desa Wawatu sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa yang terus berubah.

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Afrina, C., Ardyawin, I., & Rasyid, S. (2023). Komparasi Arsip Dan Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1-12.

Daado, J., Handayani, R., & Susilawaty, F. T. (2022). Strategi Komunitas Sultra Island Care Dalam Meningkatkan Minat. Literasi Perpustakaan Dan Informasi UHO, 2(4), 184–197.

Eviendrita. (2020). TIPOLOGI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN KHUSUS DI DALAM LEMBAGA. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 73-85.

Fadilla, N. (2020). Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Scolarly Communication Dan Pengimplementasiannya Melalui Jurnal Elektronik. LIBRIA, 2020.

Gunawan, A. H. (2000). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hutasoit, H. R. (2014). PERPUSTAKAAN DAN PENYEBARAN INFORMASI. Jurnal Iqra’, 177-184.

Irfan, M. H. A., & Rusdiana. (2018). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Koenjaraningrat. (1979). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Kriyanto, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Krisnani, H. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Prosiding Penelitian dan Pengabdia Kepada Masyarakat, 223-321.

Mangnga, A. (2015). Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jupiter, 38-42.

Mulyady, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti Untuk Pelayanan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

Oktadiani, I. (2023). Analisis Pemenuhan Fungsi Rekreasi Bagi Pemustaka Pada Perpustakaan Umum Kabupaten Solok. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 19-30.

Pawit, M. Y. (2009). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rakhmat, J. (2000). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sarwono. (2020). Perpustakaan Sekolah yang Menyenangkan. Media Informasi, 219-229.

Septa., S. H. (2021). Kajian Perbedaan Karakteristik dari Jenis-jenis Perpustakaan dan Lembaga Kearsipan. Pascasarjana Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 1-9.

Sholihah, M. N., Murtini, W., & Susantiningrum. (2021). Peranan Perpustakaan Keliling Dalam Mengembangkan Minat Baca Masyarakat Di Kota Surakarta. JJIKAP Urnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(3), 13. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/98593/

Soekamto, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.

Soelaiman, M. M. (t.thn). Ilmu Sosial Dasar Teori dan Konsep Ilmu Sosial. Bandung: Eresco.

Syahdan, M. M., Ismaya, A. M. A., & Elihami, E. (t.thn). Peranan Perpustakaan dalam Mendukung Proses Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 48-65.

Utami, A. V. W., & K. W. (2018). STANDAR LAYANAN PERPUSTAKAAN. Acarya Pustaka, 28-37.

Yusnita, Y., La Iba, & Joko, J. (2023). Upaya Perpustakaan Desa “Pandre Di Lao” Dalam Meningkatkan Penggunaan Layanan Anak Pesisir Di Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara. Jurnal Literasi Perpustakaan Dan Informasi: Jurnal Penelitian Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.52423/jlpi.v3i1.30901

Zorkoczy, P. (1990). Information Technology. London: Pitman Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.52423/jlpi.v4i2.49048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Library and Information Science Study Program, Halu Oleo University

Kendari, South Eeast Sulawesi Province, Indonesia

 

 

Editorial Office:

The Building of Social Science and Political Science Faculty, Halu Oleo University

Library and Information Science Study  Program Room, On The Second Floor. 

Kambu, Kendari City, South East Sulawesi

Contact: 081799965920