Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Petunjuk Penulis

Jurnal Publica menerima artikel yang memenuhi petunjuk sebagai berikut:

  1. Artikel belum dipublikasikan di media lain dan melampirkan surat pernyataan keaslian artikel dan tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Artikel tersebut dapat merupakan hasil penelitian atau artikel konseptual atau aplikasi teori di bidang administrasi pembangunan dan kebijakan  publik.
  3. Artikel ditulis dalam bentuk esay menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggeris dengan  struktur dan komposisi penulisan akademik standar, sepanjang 4000-6000 kata, 10-15 halaman termasuk referensi dan tabel, dengan 1 spasi, huruf Times New Roman, font 11.
  4. Judul diketik  dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggeris (maksimal 20 kata), huruf Times New Roman, font 16, Bold
  5. Nama penulis diketik dengan urutan nama penulis yang disetujui oleh semua penulis (jika penulis lebih dari dua), umumnya berdasarkan pada kontribusi, dan semua penulis bertanggung jawab untuk konten artikel (font 11).
  6. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang abstrak maksimun 250 kata, dengan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian (font 11)
  7. PENDAHULUAN (font 12, Bold) berisi latar belakang masalah; hipotesis (jika ada); tujuan penelitian; panjang, 3-4 paragraf. Tinjauan literatur tidak ditulis secara terpisah dari pendahuluan, itu berarti bahwa tinjauan literatur termasuk dalam PENDAHULUAN. Referensi harus menjadi referensi utama, relevan, dan terkini; tidak terlalu luas artinya bahwa tinjauan literatur tidak terlalu luas. Pendahuluan ini maksimal 25% dari jumlah halaman.
  8. METODE (font 12, Bold) berisi penjelasan tentang jenis penelitian/desain penelitian; menjelaskan tentang jumlah subjek dan karakteristik subjek disertai data demografi. Pada penelitian kuantitatif, jika penelitian menggunakan alat ukur tertentu, perlu disampaikan nama alat ukur, jumlah aitem, koefisien reliabilitas, serta metode analisis data yang digunakan. Pada penelitian kualitatif, dijelaskan perspektif kualitatif yang digunakan, hingga metode pengumpulan data dan analisisnya. Metode ini maksimal 15% dari jumlah halaman.
  9. HASIL DAN PEMBAHASAN (font 12, Bold) berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh?  Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya deskriptif, dan ditunjang oleh data empiris yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis dan/atau pertanyaan penelitian di bagian pendahuluan. Hasil dan pembahasan ini maksimal 50% dari jumlah halaman.
  10. SIMPULAN (font 12, Bold) terdiri dari satu paragraf saja namun menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Simpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan penelitian. Bila perlu, di bagian akhir simpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut. Simpulan ini maksimal 10% dari jumlah halaman.
  11. REFERENSI (Font 12, Bold) berisi semua referensi yang dikutip/disitasi dalam naskah artikel harus dicantumkan dalam bagian Referensi. Referensi harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah; minimal 80%) dari keseluruhan referensi) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Penulisan kutipan atau sitasi disarankan menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, plagiarism, grammarly, EndNote, Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di Jurnal Publica adalah APA (American Psychological Association), yaitu (a) sumber kutipan dinyatakan dalam makalah ilmiah harus ada dalam daftar Referensi, dan sebaliknya; (b) Literatur yang tercantum dalam daftar Referensi adalah literatur yang dikutip dalam karya ilmiah; (c) daftar refrensi ditulis dalam spasi tunggal, berurutan dalam urutan abjad tanpa angka; (d) Jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis yang ditulis adalah nama belakang pertama, diikutip oleh inisial nama depan dan nama tengah, diikuti oleh tahun, judul dan identitas lain dari yang dirujuk; (e) Jika penulis lebih dari dua, nama penulis pertama ditulis sebagai aturan "d", terus menulis nama penulis kedua dan seterusnya sebagai berikut: nama depan dan nama tengah (disingkat) diikuti nama belakang. (Untuk penulis kedua dan selanjutnya, penulisan nama depan / tengah (awal) dan nama belakang tidak perlu dibalik sebagai penulis pertama); (f) Penulisan referensi tidak boleh menggunakan "et al" sebagai pengganti nama penulis yang kedua dan seterusnya (g) Metode penulisan setiap daftar referensi dan bervariasi sesuai dengan jenis literatur sebagai referensi.
  12. KETENTUAN LAIN Dalam suatu artikel, kadang-kadang tidak bisa dihindari pengorganisasian penulisan hasil penelitian ke dalam “anak subjudul”. Berikut ini adalah cara menuliskan format pengorganisasian tersebut, yang di dalamnya menunjukkan cara penulisan hal-hal khusus yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah artikel.

Singkatan dan Akronim

Singkatan yang sudah umum seperti IEEE, SI, MKS, CGV, tc, dc, and rms tidak perlu diberi keterangan kepanjangannya. Akan tetapi, akronim yang tidak terlalu dikenal atau akronim bikinan penulis perlu diberi keterangan kepanjangannya. Sebagai contoh: Model pembelajaran MiKiR (Multimedia interaktif, Kolaboratif, dan Reflektif) dapat digunakan untuk melatihkan penguasaan keterampilan pemecahan masalah. Jangan gunakan singkatan atau akronim pada judul artikel, kecuali tidak bisa dihindari.

Satuan

Penulisan satuan di dalam artikel memperhatikan aturan sebagai-berikut: Jangan mencampur singkatan satuan dengan satuan lengkap. Misalnya, gunakan satuan “Wb/m2” or “webers per meter persegi”, jangan “webers/m2”. 

Gambar dan Tabel

Tempatkan label tabel di atas tabel, sedangkan label gambar di bagian bawah tabel. Tuliskan tabel tertentu secara spesifik, misalnya Tabel 1, saat merujuk suatu tabel. Contoh penulisan tabel dan keterangan gambar adalah sebagai berikut:

 

Tabel 1. Format Tabel

Kepala Tabel

Kepala Kolom Tabel

Sub-kepala Kolom

Sub-kepala Kolom

Isi

Isi tabel

Isi tabel                

                                    Sumber dan tahun

Kutipan dan Acuan

Salah satu ciri artikel ilmiah adalah menyajikan gagasan orang lain untuk memperkuat dan memperkaya gagasan penulisnya. Gagasan yang telah lebih dulu diungkapkan orang lain ini diacu (dirujuk), dan sumber acuannya dimasukkan dalam Daftar Pustaka.

Daftar Pustaka harus lengkap dan sesuai dengan acuan yang disajikan dalam batang tubuh artikel. Artinya, sumber yang ditulis dalam Daftar Pustaka benar-benar dirujuk dalam tubuh artikel. Sebaliknya, semua acuan yang telah disebutkan dalam artikel harus dicantumkan dalam Daftar Pustaka. Untuk menunjukkan kualitas artikel ilmiah, daftar yang dimasukkan dalam Daftar Pustaka harus cukup banyak. Daftar Pustaka disusun secara alfabetis dan cara penulisannya disesuaikan dengan aturan yang ditentukan dalam jurnal. Kaidah penulisan kutipan, acuan, dan Daftar Pustaka mengikuti buku pedoman ini.

Penyajian gagasan orang lain di dalam artikel dilakukan secara tidak langsung. Gagasan yang dikutip tidak dituliskan seperti teks asli, tetapi dibuatkan ringkasan atau simpulannya. Sebagai contoh, Suharno (1973:6) menyatakan bahwa kecepatan terdiri dari gerakan ke depan sekuat tenaga dan semaksimal mungkin, kemampuan gerakan kontraksi putus-putus otot atau segerombolan otot, kemampuan reaksi otot atau segerombolan otot dalam tempo cepat karena rangsangan.

Acuan adalah penyebutan sumber gagasan yang dituliskan di dalam teks sebagai (1) pengakuan kepada pemilik gagasan bahwa penulis telah melakukan “peminjaman” bukan penjiplakan, dan (2) pemberitahuan kepada pembacanya siapa dan darimana gagasan tersebut diambil. Acuan memuat nama pengarang yang pendapatnya dikutip, tahun sumber informasi ditulis, dan/tanpa nomor halaman tempat informasi yang dirujuk diambil. Nama pengarang yang digunakan dalam acuan hanya nama akhir. Acuan dapat dituliskan di tengah kalimat atau di akhir kalimat kutipan.

Acuan ditulis dan dipisahkan dari kalimat kutipan dengan kurung buka dan kurung tutup (periksa contoh-contoh di bawah). Acuan yang dituliskan di tengah kalimat dipisahkan dengan kata yang mendahului dan kata yang mengikutinya dengan jarak. Acuan yang dituliskan diakhir kalimat dipisahkan dari kata terakhir kalimat kutipan dengan diberi jarak, namun tidak dipisahkan dengan titik. Nama pengarang ditulis tanpa jarak setelah tanda kurung pembuka dan diikuti koma. Tahun penerbitan dituliskan setelah koma dan diberi jarak. Halaman buku atau artikel setelah tahun penerbitan, dipisahkan dengan tanda titik dua tanpa jarak, dan ditutup dengan kurung tanpa jarak. Sebagai contoh: karya tulis ilmiah adalah tulisan faktual yang digunakan penulisnya untuk memberikan suatu pengetahuan/informasi kepada orang lain (Riebel, 1978).

Nama dua pengarang dalam karya yang sama disambung dengan kata ‘dan’. Titik koma (;) digunakan untuk dua pengarang atau lebih dari dua pengarang dengan karya yang berbeda. Contohnya: karya tulis ilmiah adalah tulisan faktual yang digunakan penulisnya untuk memberikan suatu pengetahuan/informasi kepada orang lain (Riebel dan Roger, 1980:5). Jika melibatkan dua pengarang dalam dua karya yang berbeda, contoh penulisannya: karya tulis ilmiah adalah tulisan faktual yang digunakan penulisnya untuk memberikan suatu pengetahuan/informasI kepada orang lain (Riebel, 1978; Roger, 1981).

Pengarang

Apabila pengarang lebih dari dua orang, hanya nama pengarang pertama yang dituliskan. Nama pengarang selebihnya digantikan dengan ‘dkk’ (dan kawan-kawan). Tulisan ‘dkk’ dipisahkan dari nama pengarang, yang disebutkan dengan jarak, diikuti titik, dan diakhiri dengan koma. Contohnya: membaca adalah kegiatan interakasi antara pembaca dan penulis yang kehadirannya diwakili oleh teks (Susanto dkk., 1994: 8).Jumlah dan judul tabel ditulis di atas tabel tetapi jumlah dan judul gambar ditulis di bawah gambar

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.