Analisis Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Perempuan Usaha Mikro (PUM) Di Kawasan Pesisir Sulawesi Tenggara

Hartina Batoa, Putu Arimbawa, Munirwan Zani, Awaluddin Hamzah, Muhammad Aswar Limi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Perempuan Usaha Mikro Di Kawasan Pesisir Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dilakukan pada lima kabupaten/kota yang ditentukan secara purposive dengan pertimbangan karakteristik wilayah dan usaha masyarakat yang umumnya bergelut pada subsektor perikanan. Kelima kabupaten ktersebut adalah Kabupaten Muna Barat, Konawe Selatan, Kolaka, Kota Baubau, dan Kota Kendari. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari hasil wawancara dengan PUM dan data sekunder berasal dari literatur yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua macam, yaitu observasi dan wawancara. Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan rumah tangga PUM dilakukan dengan penentuan skor berdasarkan indikator kesejahteraan. Selanjutnya dari skor tersebut dilakukan penentuan tingkat kesejahteraan yaitu kurang sejahtera (skor < 52), cukup sejahtera (skor 52 – 60) dan sejahtera  (skor > 60)

   Hasil analisis dan mengacu pada tujuan penelitian maka dapat diketahui bahwa kesejateraan PUM masih tergolong rendah. PUM di Sulawesi Tenggara yang telah menikmati hasil usahanya dan telah tergolong sejahtera baru sekitar 9%, sedangkan yang tergolong cukup sejahtera yakni 40%. Jumlah yang lebih besar adalah PUM yang dikategorikan kurang sejahtera diamana angkanya mencapai 51%.


Full Text:

PDF

References


Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional. 2003. Rekapitulasi Permasalahan Tahapan Keluarga Sejahtera Per Indikator. Kendari.

BPS. 2002. Indikator Kesejahteraan Rakyat. Jakarta.

BPS, 2007. Indonesia dalam Angka. BPS. Jakarta

BPS, 2006. Sensus Ekonomi 2006. BPS .Kendari

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬Djojohadikusumo, S. 1985. Indonesia Dalam Perkembangan Dunia Kini dan Masa Depan. LP3ES. Jakarta.

Poerwadarminto. 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka Indonesia. Jakarta.

Priminingtyas, Dina Novia. 2010. Akses Usaha Kecil Menengah (UKM) Dalam Mendapatkan Kredit Usaha Dari Lembaga Perbankan Di Kota Malang. Prosiding Seminar Internasional "The Future of Small Businesses from Accounting, Management and Economics Perspectives" Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Priminingtyas, Dina Novia. 2011. Peran Perempuan dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hasil Penelitian. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Sukirno, S. 1985. Ekonomi Pembangunan. Bina Grafika. Jakarta.

Tahir, I. 1999. Analisis Tingkat Kesejahteraan Transmigrasi Pola Nelayan di UPT Lapulu Kota Kendari. Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo. Kendari.

Tonton, W.S. 1995. Kemiskinan dan Upaya Penanggulangannya. Ekstensia. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37149/4789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by Department of Agribusiness - Halu Oleo University

© PSNA | DOI: Prefix 10.37149 by Crossref

Creative Commons License is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats