Sistem Agribisnis Dan Kesejahteraan Petani Kakao Di Kecamatan Lasalimu Selatan Kabupaten Buton

Lukman Yunus, Munirwan Zani, Hartina Batoa

Abstract


Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah: (1) Menggambarkan  pelaksanaan sistem agribisnis kakao (2) Mengetahui tingkat kesejahteraan petani kakao, dan (3) Merumuskan strategi pengembangan agribisnis kakao untuk meningkatkan kesejahteraan rumahtangga petani kakao. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2014 dengan jumlah sampel sebanyak 2 (dua) kelompok tani yang ditentukan secara purposif.Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara langsung dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis kesejahteraan dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem agribisnis kakao belum dilakukan secara baik dan terintegrasi oleh petani kakao, (2) Rumah tangga petani kakao rata-rata memiliki tingkat kesejahteraan yang rendah atau tergolong miskin, dan (3) Strategi pengembangan agribisnis kakao yang dapat dilakukan petani dan kelompok tani, adalah strategi W-O meliputi: (a) Penguatan kelompok tani dengan pembinaan oleh pemerintah dan instansi terkait, (b) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani melalui bimbingan dan pelatihan, (c) Memperluas lahan usahatani untuk meningkatkan produksi, (d) Meningkatkan kepemilikan modal, dan (e) Menjalin kemitraan dengan pedagang dalam memasarkan produk kakao.


Keywords


Agribisnis; Kelompok tani; Kesejahteraan; Petani kakao

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Buton, 2014. Kabupaten Buton dalam Angka. Pasarwajo.

BPS Provinsi Sulawesi Tenggara, 2014. Garis Kemiskinan Penduduk Provinsi Sulawesi Tenggara. Kendari.

BPS Provinsi Sulawesi Tenggara, 2014. Sulawesi Tenggara dalam Angka. Kendari.

Iqbal M. dan Dalimi A., 2006. Kebijakan Pengembangan Agribisnis Kakao Melalui Primatani: Kasus Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Analisis Kebijakan Pertanian, Vol. 4 Nomor 1: p45-52. Jakarta.

Mansyur, A. dan Zani, M., 2005. Analisis Produktivitas Usahatani Kakao Masyarakat Tani Eksodus di Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton. Laporan Penelitian. Fakultas Pertanian Universitas Haluoleo. Kendari.

Rangkuti F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Reorentasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rianse U dan Abdi, 2008. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi). Penerbit CV. Alvabeta. Bandung.

Sajogyo, 1982. Menelaah Garis Kemiskinan. Lokakarya Metodologi “Kaji Tindak” Proyek Pembinaan Peningkatan Pendapatan Petani. IPB. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.37149/11356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by Department of Agribusiness - Halu Oleo University

© PSNA | DOI: Prefix 10.37149 by Crossref

Creative Commons License is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats