MODEL PERMASALAHAN EFEKTIFITAS SISTEM KOORDINASI PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT BADAN LAYANAN UMUM DAERAH BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Suhadi Suhadi, Alimin Maidin, Sukri Palutturi, Burhanuddin Bahar, Nurmaladewi Nurmaladewi, Yasnani Yasnani, Junaid Junaid, La Dupai La Dupai, Esti Astuty

Abstract


Abstrak
Rumah Sakit sebagai lembaga pelayan publik tidak hanya melakukan fungsi bisnis tetapi juga melakukan fungsi
sosial bagi masyarakat. Dalam konteks lembaga usaha pelayan publik modern, rumah sakit terus dituntut untuk
memaksimalkan pelayanan kesehatan sehingga tercipta pelayanan yang bermutu dan memuaskan pelanggan.
Tujuan Penelitian adalah menganalisis efektifitas koordinasi Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Badan
Layanan Umum Daerah (RS-BLUD) Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara, menyusun model permasalahan dan
solusi masalah efektifitas sistem koordinasi pelayanan kesehatan. Jenis Penelitian kualitatif, dengan
menggunakan pendektan studi kasus. Informan penelitian adalah pasien dan petugas RS. Pengumpulan data
dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukan
umumnya sistem koordinasi pelayanan kesehatan di RS BLUD Bahteramas belum seluruhnya efektif. Dalam
pelaksanaannya masih mengalami permasalahan diantaranya kurangnya informasi pada pasien hal koordinasi
petugas dalam pelayanan, koordinasi petugas kurang cepat, koordinasi petugas kurang tepat, koordinasi
petugas kurang sesuai harapan, dan kurang koordinasi antar petugas. Pelaksanaan sistem koordinasi pelayanan
kesehatan di RS BLUD belum sepenuhnya efektif.

Kata Kunci: Rumah Sakit, JKN, Sistem Koordinasi, Efektivitas


Full Text:

PDF

References


Maidin, Alimin. (2013). Ekonomi dan

Pembiayaan Sektor Kesehatan. Makassar:

Masagena Press.

Kemenkes Republik Indonesia. (2013). Buku

Saku FAK Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Kesehatan. Jakarta: Sekretariat Jendral.

Parasuraman, Etc. (1985). A conceptual model

of service quality and its implications for future

research. Journal of Marketing, 49(3), 41-50.

Jackson, etc. (2001). Predictors of Patients

Satisfaction. Social Science.

Weingarten, et all. (1995). A Study of Patients

Satisfactions and adherence to preventive care

practice guidelines. The American Journal of

Medicine, 99, 590-596.

Youssef, et.all. Service Quality in NHS Rumah

sakit. Journal of Management in Medicine, 9(1),

– 74.

Sterss, R M. (2005). Efektivitas Organisasi.

Terjemahan Magdalena Jamin. Jakarta:

Erlangga.

Gibson, I D. (2006). Organisasi dan Manajemen:

Prilaku Struktur Proses. Jakarta: Erlangga.

Consuelo, S G. (1997). Pengantar Metodologi

Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia.

Hasibuan, M. (2006). Manajemen Dasar,

Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sondang, P S.

(1991). Administrasi

Pembangunan. Jakarta: Gunung Agung.

Wahyuni, S. (2013). Peranan Koordinasi

Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada

Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi

Kalimantan Timur.

Putra, W. (2012). Efisiensi Dan Efektivitas

Pelayanan Rumah Sakit Setelah Pemekaran

Wilayah. Journal of Economics and Policy, 5(2),

-229.

Katrina dkk. (2013). Coordination Role in the

Office of Regional Water Works (RWW) of

Merauke Regency in Serving the Customers

Makassar. pasca.unhas.ac.id/jurnal/.

Darmawansyah dkk. (2013). Application

Management Function In Minasa Upa Public Health Center Makassar City. ejournal

Unhas.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.37887/epj.v4i1.9434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.