PERBANDINGAN METODE CERAMAH DAN ROLE PLAY TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA PELAJAR SDN NUMANA KECAMATAN WANGI-WANGI SELATAN KABUPATEN WAKATOBI

Harleli Harleli, La Dupai La Dupai, Irma Yunawati Irma Yunawati, Irma Irma, Arifaty Dewintha

Abstract


Abstrak
Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar
kesadaran individu untuk mencegah permasalahan kesehatan. PHBS di sekolah mengajarkan salah satu upaya
untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu dan mampu mempraktikan
PHBS, dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbandingan metode ceramah dan role play terhadap pengetahuan tentang PHBS pada pelajar SDN Numana
Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode
kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelajar SDN Numana Kecamatan Wangi-Wangi
Selatan Kabupaten Wakatobi dengan jumlah pelajar 110 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30
responden terbagi masing-masing 15 responden di setiap kelompok ceramah dan kelompok role play dengan
teknik pengambilan sampel secara nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
ada peningkatan pengetahuan kelompok ceramah (mean pre-test = 24,33 dan mean post-test = 29,80) dan
kelompok role play (mean pre-test = 20,60 dan mean post-test = 30,40) setelah diberikan intervensi. Hasil uji
statistik menggunakan Mann-Whitney U Test menunjukan bahwa tidak ada perbedaan tingkat pengetahuan
post-test pada kelompok ceramah dan role play (Pvalue = 0,60 > α = 0,05). Metode role play lebih efektif
terhadap pengetahuan tentang PHBS di SDN Numana, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi
jika dilihat dari selisih rata-rata masing-masing kelompok.

Kata Kunci: PHBS; ceramah; role play; pengetahuan

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Menkes Himbau Terapkan PHBS di

Sekolah. Majalah Promkes.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36

tentang Kesehatan. Lembaran Negara

Indonesia Tahun 2009. Jakarta.

Aswadi, dkk. 2017. Perilaku Hidup Bersih dan

Sehat (PHBS) Pada Siswa-Siswi SDK Rita Pada

Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai

Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur. Al-Sihah:

Public Health Science Journal. 9 (2): JuliDesember

Cahyaningrum 2016. Psikologi Perkembangan

Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. 2010a.

Ilmu Perilaku

Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010b. Metodologi Penelitian

Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna

Pembelajaran

untuk Memecahkan

Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:

Alfabeta.

Djamarah, B.S. 2006. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Media Group.

Alfianto, A.B., dkk. 2015. Penerapan Model

Bermain Peran pada Materi Sistem Pernafasan

terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar siswa Kelas

VIII SMPN 1 Semen Kediri. Seminar Nasional XII

Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015.

Efendi. 2009. Dasar-dasar Ilmu Promkes.

Jakarta: EGC.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2019. Kamus

Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Tersedia

di: https://kbbi.kemdikbud.go.id/ Diakses

tanggal 18 November 2019.

Amaliah, R.R, dkk. 2014. Penerapan Metode

Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan

Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada.

Hidayat, A.A.A. 2010. Metode Penelitian

Kesehatan: Paradigma Kuantitatif. Surabaya:

Health Bukus Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.37887/epj.v4i2.12474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.