PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 3 LAPANDEWA KABUPATEN BUTON SELATAN

Nafsia Nafsia, La Harudu

Abstract


Keberhasilan pendidikan anak merupakan tanggung bersama antara keluarga (orang tua), dan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa Kelas X IIS SMA Negeri 3 Lapandewa, 2) untuk mengetahui gambaran prestasi belajar geografi siswa kelas X IIS SMA Negeri 3 Lapandewa, 3) untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar geografi siswa Klas X IIS SMA Negeri 3 Lapandewa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kondisi ekonomi orang tua berkategori rendah dengan penghasilan rata-rata kurang dari Rp. 1.500.000 perbulan. 2) rata-rata hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas X IIS SMA Negeri 3 Lapandewa

 



Keywords


Status Sosial-Ekonomi; Prestasi Belajar; SMA Negeri 3 Lapandewa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prsedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Choiril, Moh. M. (2017). Peran Pendidikan Karakter Dalam Keluarga sebagai Upaya Pembentukan Kecerdasan Spiritual Anak. Jurnal Vol 1(1).

Chotimah, L.N., Heti Mustika A., dan Joko Widodo. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/1017. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial ISSN. Vol 11(1).

KBBI. (2013). Pendidikan. https://kbbi.web.id/didik (Diakses, 14 Desember 2018).

Putri, C.C. dan Ida B.N. (2001). Pengaruh Desain dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Pembelian Laptop Asus. Jurnal Manajemen Dewantara Edisi 1(1).

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rinekka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nafsia Nafsia, La Harudu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DIPUBLIKASIKAN OLEH :

Jurusan Pendidikan Geografi

Ruangan Jurusan Pendidikan Geografi, Lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara. Kode Pos 93132


Email: jppg@uho.ac.id

 

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI, TERINDEKS OLEH :