PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GEJALA GEOGRAFI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SMAN 1 RAHA

Isman Harnas, Ramli Ramli, Sitti Kasmiati

Abstract


SMAN 1 Raha  adalah salah satu sekolah di Kabupaten Muna yang menjadi objek penelitian peneliti karena hasil belajar geografi  yang masih rendah, hal ini dikarenakan hanya 43% hasil ulangan semester siswa yang memenuhi Kriteria ketuntasan minimal. Tujuan utama penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas X IIS2 yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari, untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru yang mengajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari.Serta untuk mendeskripsikan hasil belajar geografi siswa kelas X IIS2 SMA Negeri 1 Raha. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Data dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa dengan menerapkan model problem based learning,  aktivitas belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 3,2 berkategori baik, aktivitas mengajar guru meningkat dengan skor rata-rata 3,6 berkategori baik dan hasil belajar geografi siswa Kelas X IIS2 SMAN 1 Raha meningkat dengan nilai rata-rata 82, dengan ketuntasan belajar 81%atau terdapat 13 siswa dengan nilai 72 sesuai KKM geografi.

 


Keywords


Problem Based Learning; Gejala Geografi; SMA Negeri 1 Raha; Kabupaten Muna

Full Text:

PDF

References


Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumantri. (2015). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hasbullah. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ambarwati, dan La ode Amaluddin. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bombana Pada Materi Pokok Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 4 No. 3 Juli 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Isman Harnas, Ramli Ramli, Sitti Kasmiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DIPUBLIKASIKAN OLEH :

Jurusan Pendidikan Geografi

Ruangan Jurusan Pendidikan Geografi, Lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara. Kode Pos 93132


Email: jppg@uho.ac.id

 

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI, TERINDEKS OLEH :