MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KAMBOWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Fitriani Sidawanga

Abstract


Secara umum Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kambowa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kambowa yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 26 orang. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 kambowa yang di ajar dengan model Think Pair Share (TPS) adalah 2,7 yang berkategori cukup mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 3,21 yang berkategori baik. 2) aktivitas mengajar guru pada siklus I adalah 2,67 kemudian pada siklus II Meningkat mencapai 3,28. 3) Hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kambowa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Pada siklus I siswa yang tuntas 14 (53,84%) dan tidak tuntas 12 (46,15%) dengan rata-rata 63,84 sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 22 (84,61%) siswa yang tuntas dan 4 (15,38%) siswa dinyatakan tidak tuntas dengan rata-rata 72,11.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Penelitian Pendidikan Geografi



DIPUBLIKASIKAN OLEH :

Jurusan Pendidikan Geografi

Ruangan Jurusan Pendidikan Geografi, Lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara. Kode Pos 93132


Email: jppg@uho.ac.id

 

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI, TERINDEKS OLEH :