PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN HIDUP DAN PELESTARIANNYA DI SMP NEGERI 15
Abstract
Desain penelitian ini adalah Pretest Postest Control Design. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pemberian instrument berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 25 butir soal, dan lembar observasi siswa. Analisis data dalam penelian ini melalui analisis dekskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis dekskriptif pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai maksimum 45 dan nilai minimum 10 rata-rata nilai 29.42 dan standar deviasi 8.70; sedangkan pre-test kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 30 dan nilai minimum 12, rata-rata nilai 27.31 dan standar deviasi 8.88. posttest kelas eksperimen diperoleh nilai maksimum 95, nilai minimum 60, rata-rata nilai 78.46 dan standar deviasi 9.68; sedangkan post-test kelas kontrol diperoleh nilai maksimum 85, nilai minimum 60; rata-rata nilai 72.41 dan standar deviasi 7.26. . Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa kelas VIII-A menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan nilai rata-rata 78.46 dengan efektifitas berdasarkan N-Gain yaitu 0.70 kategori tinggi sedangkan hasil belajar siswa kelas VIII-B menggunakan pengajaran langsung dengan nilai rata-rata 72.41 dengan Ngain sebesar 2.30. Sehinga pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada pengajaran langsung.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Penelitian Pendidikan Geografi
DIPUBLIKASIKAN OLEH :
Ruangan Jurusan Pendidikan Geografi, Lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara. Kode Pos 93132
Email: jppg@uho.ac.id
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI, TERINDEKS OLEH :