PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY

Asis Mahasadin, La Ode Amaluddin, La Harudu

Abstract


SMAN 1 Pasir Putih adalah salah satu sekolah di Kabupaten Muna yang menjadi objek penelitian karena hasil belajar Geografi yang masih rendah, hal ini dikarenakan hanya 56% yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah, mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas X IIS2 di SMA Negeri 1 Pasir Putih yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry pada materi pokok Siklus Hidrologi, mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry pada materi pokok Siklus Hidrologi serta Meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X IIS2 SMA Negeri 1 Pasir Putih yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry pada materi pokok Siklus Hidrologi. Data dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan model Inquiry: aktivitas belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 3,2 berkategori baik, aktivitas mengajar guru meningkat dengan skor rata-rata 3,6 berkategori baik dan hasil belajar geografi siswa Kelas X IIS2 SMAN 1 Pasir Putih meningkat dari rata-rata skor 69 menjadi rata-rata skor 78, dengan ketuntasan belajar 81% yang 72 sesuai dengan KKM yang ditentukan sekolah.


Keywords


Model Pembelajaran; Inquiry; SMAN 1 Pasir Putih.

Full Text:

PDF

References


Binham, (2012). Metode Pembelajaran Inquiry. http://wordpress.com/2012/Metode-Pembelajaran-Inquiry/ (Diakses, 24 September 2019).

Dwi, Purnomosari. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) dilengkapi Kartu Destinasi untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 2 Tahun 2014.

Dzikie, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetesi Memelihara Komponen Sistem Bahan Bakar Bensin. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 15, No. 2, Desember 2015 (82-86).

Hamalik Ahmad Susanto, 2013 Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sandjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana. 2012. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

W.Gulo. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asis Mahasadin, La Ode Amaluddin, La Harudu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DIPUBLIKASIKAN OLEH :

Jurusan Pendidikan Geografi

Ruangan Jurusan Pendidikan Geografi, Lantai 2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara. Kode Pos 93132


Email: jppg@uho.ac.id

 

JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN GEOGRAFI, TERINDEKS OLEH :