STRATEGI PENATAAN DAN PENGEMBANGAN SENTRA PRODUKSI PETERNAKAN KABUPATEN KOLAKA TIMUR

Musram Abadi, La Ode Nafiu, Lukman Yunus, . Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi pengembangan sentra produksi peternakan Kabupaten Kolaka Timur dan sebagai arahan prioritas pembangunan dan pengembangan sentra peternakan Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober tahun 2017. Variabel dalam penelitian adalah (a) kekuatan, (c) kelemahan, (d) peluang dan (e) tantangan/hambatan pada penataan dan pengembangan sentra produksi peternakan serta alat  analisis dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penataan dan pengembangan sentra produksi peternakan di Kabupaten Kolaka Timur antara lain; (a) Kebijakan pembangunan sarana dan prasarana kawasan peternakan difokuskan pada pengembangan jaringan irigasi, pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan sekitar kawasan, pembangunan jalan usahatani, pasar pengumpul desa, pasar pengumpul antar desa, kebutuhan jaringan listrik dan telekomunikasi dan fasilitas yang dibutuhkan untuk pengembangan industri pengolahan hasil-hasil peternakan, serta penyediaan sarana produksi seperti pupuk dan obat-obatan, dan (b) kebijakan pengembangan sentra produksi peternakan yakni berupa penetapan dan perluasan padang penggembalaan dan lahan hijauan pakan ternak, manajemen pengelolaan, perbaikan budidaya ternak baik ternak besar, ternak kecil maupun unggas melalui sistem perkandangan, dan penyediaan pakan bagi ternak.

 

Kata Kunci : Strategi penataan dan pengembangan, sentra produksi Peternakan.

 

 

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33772/jitro.v5i1.4507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis

Creative Commons License
Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.