Efektivitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buton Tengah

Ruslan Zainu, Muh Nasir, La Bilu La Bilu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode purpose sampling dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil penelitian, disimpulkan bahwa Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buton Tengah pada aspek pelayanan publik pembuatan E-KTP sudah cukup efektif, dengan terdapat 3 indikator yang memadai. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah seperti gangguan pada server dan penundaan dalam pengumpulan data penduduk yang mempengaruhi keberhasilan program dan kepuasan terhadap program.
Kata kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, E-KTP

Full Text:

PDF

References


Awangga, R., Harani, N., & Setyawan, M. (2019). Kafa: a novel interoperability open framework to utilize indonesian electronic identity card. Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control), 17(2), 712. https://doi.org/10.12928/telkomnika.v17i2.11755

Campbell. J.P. (1989). Riset dalam efektivitas organisasi. Terjemahan Sahat Simamora. Jakarta: Erlangga

Dimyati, A., Togatorop, D., & Meilinda, S. (2020). Pelayanan e-ktp di masa pandemi pada dinas kependudukan dan catatan sipil kota bandar lampung. Wacana Publik, 14(02), 57-67. https://doi.org/10.37295/wp.v14i02.57

Haga, S. and Omote, K. (2022). Blockchain-based autonomous notarization system using national eid card. Ieee Access, 10, 87477-87489. https://doi.org/10.1109/access.2022.3199744

Masyita, B. (2021). Efektivitas kebijakan pelayanan pembuatan kartu keluarga dan ktp elektronik pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota jayapura. Jurnal Kebijakan Publik, 3(1), 16-27. https://doi.org/10.31957/jkp.v3i1.1546

Mulianingsih, S. and Lestari, T. (2021). The quality of e-ktp service in cibeunying kaler subdistrict at bandung municipality indonesia. International Journal of Social Science, 1(2), 43-48. https://doi.org/10.53625/ijss.v1i2.135

Renardi, M., Basjaruddin, N., Supriyadi, S., & Kuspriyanto, K. (2019). Airline ticket reservation using nfc-based single identity. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 13(1), 384. https://doi.org/10.11591/ijeecs.v13.i1.pp384-391

Pramuditha, R. (2021). Aspek terpenting kualitas layanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(1), 83-102. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i1.1081


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 The Authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________

Editorial Office

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo 

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Phone number: 082251053573

About license:

Creative Commons License

PAMARENDA : Public Administration and Government Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/pamarenda/index