Implementasi Sistem Absensi Online di Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Unit 1 Kapontori: Studi Kasus Simponi ASN di Kabupaten Buton 2022-2023

Irmayani Irmayani, M. Najib Husain, Asriani Asriani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan sistem absensi online melalui aplikasi Simponi Aparatur Sipil Negara di Kantor Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Unit 1 Kapontori, Kabupaten Buton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dilaksanakan secara hati-hati dan profesional melalui langkah-langkah terencana, yang meliputi identifikasi kebutuhan, pemilihan teknologi, pelibatan pihak terkait, pelatihan staf, uji coba, dan penanganan kendala. Pendekatan holistik diterapkan dalam pemantapan kinerja melalui pemantauan, evaluasi, dan perbaikan berkelanjutan, yang bertujuan untuk efektivitas jangka panjang dalam pengelolaan hutan. Aplikasi Simponi ASN berfungsi sebagai alat pemantauan serta sarana edukasi dan pelatihan, yang meningkatkan kepatuhan pegawai terhadap peraturan absensi. Meskipun terdapat upaya yang signifikan, aplikasi Simponi ASN belum terbukti efektif, menuntut peningkatan terus-menerus untuk mengatasi kendala teknis dan sumber daya manusia, menciptakan lingkungan kerja yang adaptif dan efisien.
Kata kunci : Sistem Absensi Online, Simponi ASN, UPTD KPH

Full Text:

PDF

References


Baso, A. R. A. R. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. TheJournalish: Social and Government, 4(1), 78–83.

Bollmeier, S., Wenger, P., & Forinash, A. (2010). Impact of online lecture-capture on student outcomes in a therapeutics course. American Journal of Pharmaceutical Education, 74(7), 127. https://doi.org/10.5688/aj7407127

Chang, I. (2022). Resilience in the pandemic: remote learning on the fly. E-Learning and Digital Media, 19(4), 440-455. https://doi.org/10.1177/20427530221092859

Dhanurdhara, I. G. N. D., Wimba, I. G. A., & Wilyadewi, I. I. D. A. Y. (2022). Pengaruh efektivitas penerapan absensi fingerprint terhadap kinerja pegawai dimediasi disiplin kerja. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(1), 46–56.

Doty, J., Rudi, J., Pinna, K., Hanson, S., & Gewirtz, A. (2016). If you build it, will they come? patterns of internet-based and face-to-face participation in a parenting program for military families. Journal of Medical Internet Research, 18(6), e169. https://doi.org/10.2196/jmir.4445

Fadila, R., & Septiana, M. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Finger Print Terhadap Disiplin Pegawai Pada Markas Komando Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 53–63.

Grabe, M. and Christopherson, K. (2007). Optional student use of online lecture resources: resource preferences, performance and lecture attendance. Journal of Computer Assisted Learning, 24(1), 1-10. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2007.00228.x

Gunawan, R. H. (2019). Pembuatan Absensi Berbasis Android Menggunakan Metode Waterfall Untuk Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Ipi Garut. Gunahumas, 2(1), 318–328.

Miles, Mathew B., &A. Michel Huberman. (1994). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London Sage Publications.

Nieuwoudt, J. (2020). Investigating synchronous and asynchronous class attendance as predictors of academic success in online education. Australasian Journal of Educational Technology, 15-25. https://doi.org/10.14742/ajet.5137

Qutishat, D., Obeidallah, R., & Qawasmeh, Y. (2022). An overview of attendance and participation in online class during the covid pandemic: a case study. International Journal of Interactive Mobile Technologies (Ijim), 16(04), 103-115. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i04.27103

Serhan, D. (2020). Transitioning from face-to-face to remote learning: students’ attitudes and perceptions of using zoom during covid-19 pandemic. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 335-342. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.148

Totlis, T., Tishukov, M., Piagkou, M., Kostares, M., & Natsis, K. (2021). Online educational methods vs. traditional teaching of anatomy during the covid-19 pandemic. Anatomy & Cell Biology, 54(3), 332-339. https://doi.org/10.5115/acb.21.006

Wahab, K., Yew, L., & Jusoh, N. (2022). Online attendance system using face recognition. Engineering Agriculture Science and Technology Journal (East-J), 1(1), 57-61. https://doi.org/10.37698/eastj.v1i1.120

Westrick, S., Helms, K., McDonough, S., & Breland, M. (2009). Factors influencing pharmacy students' attendance decisions in large lectures. American Journal of Pharmaceutical Education, 73(5), 83. https://doi.org/10.5688/aj730583

Wu, S. (2021). Intelligent communication management terminal in the construction of human resource management mode. Wireless Communications and Mobile Computing, 2021, 1-14. https://doi.org/10.1155/2021/7106104j


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 The Authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________

Editorial Office

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Halu Oleo 

Kampus Baru Jl, H.E.A. Mokodompit, Kota Kendari, 93232

Phone number: 082251053573

About license:

Creative Commons License

PAMARENDA : Public Administration and Government Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Based on a work at http://ojs.uho.ac.id/index.php/pamarenda/index