Focus and Scope
Jurnal penelitian pendidikan sejarah merupakan wadah ilmiah untuk mempublikasikan berbagai hasil penelitian mahasiswa, dosen, maupun guru, baik dilingkup jurusan pendidikan sejarah maupun dari pihak civitas akademika yang lain ataupun masyarakat umum dengan catatan bahwa tulisan berbasis riset dengan Ruang Lingkup Jurnal memuat tentang kajian Pendidikan Sosial-Budaya khususnya aspek:
- Pendidikan Sejarah
- Etnopedagogik
- Kajian Sejarah Lokal
- Kajian kearifan lokal sebagai modal pendidikan dan penguatan karakter.
Section Policies
0
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Artikel Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah
Editors- pendidikan Sejarah kendari
Open Submissions | Indexed | Peer Reviewed |
Peer Review Process
Artikel yang dikirim ke Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO akan diperiksa oleh Editor. Proses review artikel melalui sistem double blind review. Artikel pertama kali dievaluasi oleh dewan Editor, artikel yang tidak sesuai dengan kriteria jurnal akan ditolak tanpa ditindaklanjuti. Artikel yang dinilai menarik dan memiliki kebaruan akan dipertimbangkan dan dikirim ke Reviewer. Dewan editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dari dua orang Reviewer dengan kemungkinan: ditolak, revisi mayor, revisi minor, dan diterima. Semua proses evaluasi artikel membutuhkan waktu tidak lebih dari tiga bulan
Publication Ethics
Norma etika yang harus dipatuhi pada publikasi Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO berpedoman pada COPE (Committee On Publication Ethics) yaitu sebagai berikut:
1. Penulis
- Penulis harus menegakkan perilaku ilmiah, memahami risiko dan manfaat dari artikel yang dipublikasi.
- Peneliti harus mempresentasikan hasil penelitiannya dengan jujur, tanpa pemalsuan dan manipulasi data.
- Naskah harus mengikuti pedoman penulisan pengajuan Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO yang dapat dilihat pada templat jurnal.
- Artikel harus relevan dengan topik Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
- Artikel tidak menghasilkan konflik kepentingan dengan pihak tertentu.
- Penulis yang tercantum dalam artikel benar-benar kompeten dan memiliki kontribusi yang signifikan dalam bidangnya.
- Jika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskah yang diajukan, maka penulis harus segera memberitahukan editor jurnal dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah tersebut.
- Penulis dilarang melakukan publikasi ulang artikel atau bagian dari artikel, mengirimkan ke satu atau lebih jurnal lainnya pada saat bersamaan mengirim artikel di Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO. Penulis diperbolehkan jika mendapat penolakan artikel dari pimpinan/editor Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO.
2. Editor
- Editor dapat menerima, menolak, atau meminta perubahan pada naskah berdasarkan hasil rekomendasi reviewer. Editor juga dapat berunding dengan pimpinan redaksi dalam membuat keputusan publikasi atikel.
- Editor mengevaluasi bahwa setiap naskah awal bersifat orisinalitas. Editor harus mengatur naskah secara adil dan bijak.
- Editor memilih reviewer sesuai keahliannya dengan memperhatikan jenis penelitian dari artikel yang dikirimkan penulis.
- Editor harus memastikan bahwa informasi mengenai manuskrip yang disampaikan oleh penulis dijaga kerahasiaannya.
3. Reviewer
- Informasi mengenai manuskrip yang disampaikan oleh penulis harus dijaga kerahasiaannya dan diperlakukan sebagai informasi yang istimewa.
- Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian.
- Reviewer harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan yang relevan dengan topik Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO dan belum pernah digunakan oleh penulis lainnya.
- Review naskah yang diajukan harus dilakukan secara objektif dan review harus mengungkapkan pandangan dengan jelas dengan argumen pendukung yang cukup.
- Reviewer harus konstruktif dalam ulasannya dan memberikan umpan balik untuk membantu para penulis dalam memperbaiki naskahnya.
- Reviewer harus merespon naskah penulis dalam jangka waktu yang tepat