Relationship between Quality of Health Services and Satisfaction of National Health Insurance Participant in the District Hospital of North Buton in 2018

Asmarani Dian Pratiwi, Nina Indriyani N, Erik Astrada, Rhenislawaty Rhenislawaty

Abstract


ABSTRACT

Latar Belakang: Kualitas layanan kesehatan merupakan upaya yang dilakukan oleh petugas kesehatan, dokter, perawat, dan paramedis lainnya dalam hal memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dan penyediaan pengiriman untuk mengimbangi harapan pelanggan. Kualitas layanan kesehatan  yang  diberikan  terdiri  dari  aspek  bukti  fisik,  keandalan, daya  tanggap,  jaminan  dan

empati. Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan peserta Asuransi Kesehatan Nasional di RSUD Buton Utara. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode analitik-observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien yang berpartisipasi dalam Asuransi Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Kabupaten  Buton Utara  dari Agustus hingga September 2018 dengan populasi 64. Dengan sampel 55 sampel diambil menggunakan metode accidental sampling. Data tentang kualitas layanan dan kepuasan pasien diperoleh melalui kuesioner. Analisis data menggunakan metode uji korelasi Spearman rank dan dianggap signifikan jika p <0,05. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas layanan dan kepuasan pasien. Hal ini dapat dilihat dari dimensi reliabilitas, yaitu p -value 0,000 (<0,05), dari dimensi responsi yaitu p-value 0,000 (<0,05), dimensi jaminan adalah p-value 0,000 (<

0,05)), dan dari dimensi empati itu adalah nilai p-value 0,000 (<0,05) sedangkan pada dimensi bukti

fisik yang diperoleh p-value adalah 0,000 (<0,05). Dalam penelitian ini diperoleh responden yang menyatakan puas dengan pelayanan kesehatan dengan persentase 80,0% sedangkan mereka yang menyatakan ketidakpuasannya dengan persentase 20,0%. Simpulan: simpulan dari penelitian ini, terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan peserta Asuransi Kesehatan Nasional di RSUD Buton Utara.

 

Kata Kunci: bukti fisik, jaminan, keandalan, kepuasan pasien, pasien JKN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.