PEMBUATAN ALAT CETAK BATAKO BETON MANUAL YANG EFEKTIF

Andi Fadli(1), Wirya Islami Bhakti(2), Hapsa Rianty(3), Muhammad Zakaria Umar(4),


(1) Halu Oleo University
(2) Halu Oleo University
(3) Halu Oleo University
(4) Halu Oleo University
Corresponding Author

Abstract


Alat cetak batako beton yang terjual di toko bangunan Kota Kendari cenderung sulit digunakan oleh tukang beton komersial karena terangkai menjadi beberapa bagian dan menggunakan baut, sehingga tidak efektif. Penelitian ini ditujukan untuk membuat alat cetak batako beton yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Tahap-tahap penelitian ini adalah tahap persiapan bahan penelitian, tahap persiapan alat-alat kerja, tahap pembuatan cetakan, dan tahap pengujian. Penelitian ini disimpulkan bahwa alat cetak batako manual yang dimodifikasi lebih efektif dibandingkan dengan alat cetak batako beton yang terjual di pasaran.

 

Kata kunci: Alat cetak batako beton, efektif

References


Abdulhalim, Restu, A., dan Pitrandjalisari, V. (2014). Perancangan Mesin Pembuat Batako Styrofoam Untuk Pengusaha Kecil. Jurnal Widya Teknika, Vol. 22, No. 2, hal. 61-65.

Adhi, I., G., A., K., C., dan Okariawan, I., D., K. (2016). Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Batako dengan Pemanfaatan Limbah Abu Terbang dan Penggunaan Mesin Cetak Getar. Jurnal Abdi Insane Unram, Vol. 2, No. 3, hal. 77-80.

Maulana, I. (2018). Perbedaan Kuat Tekan Paving Block dengan Metode Pembuatan Manual, Mesin Pres Hidrolis dan Mesin Pres Hidrolis Vibrasi. Skripsi. Proyek Akhir. Program Studi D3 Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember.

Riman, Irawan, D., dan Putri, C., F. (2013). Pencetak Paving dan Batako Bokashi Kombinasi Mekanis dan Hidraulis Untuk Meningkatkan Produktifitas. Jurnal Widya Teknika, Vol. 21, No., 1, hal. 33-36.

Sinaga, E., J., Mujiono, & Sudiasa, I., N. (2017). Perancangan dan Pembuatan Mesin Pencetak Batako Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Di Desa Jatiguwi Sumberpucung Malang. Jurnal Industri Inovatif, Vol. 7, No. 1, hal. 12-14.

Soleh, M., dan Assabri, A., M., A., A. (2016). Perancangan Alat Material Handling Cetakan Batako Pada Proses Proses Produksi Batako. Dalam Prosiding Seminar Nasional dan Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VI, hal. 1-9.

Sriyanto, N., B., Aryono, S., & Saptono, H. (2014). Rancang Bangun Mesin Pencetak Paving Block dengan Sistem Vibrator Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk UKM. Jurnal Dianmas, Vol. 3, No. 1, hal. 53-58.

Wijaya, S., K. (2008). Sejarah Lahirnya Arsitektur Modern, diakses dari http://sigitkusumawijaya.blogspot.com, tanggal 20 September 2018.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 144 times
PDF Download : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.