IDENTIFIKASI CARA MEMASANG MATERIAL RANGKA ATAP BAJA RINGAN PADA RUMAH TIPE 36

Muhammad Zakaria Umar(1), Sitti Rosyidah(2),


(1) Halu Oleo University
(2) Halu Oleo University
Corresponding Author

Abstract


Contoh perwujudan aspek modernisasi yang bernilai paling efisien adalah besi dan baja. Hampir sebagian perumahan di kota-kota besar di Indonesia sudah menggunakan rangka atap baja ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengkaji peralatan kerja, bahan-bahan, dan cara merangkai rangka atap baja ringan di rumah tipe 36. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapat dengan cara observasi di lapangan dan diskusi mendalam terhadap tukang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif naratif. Penelitian ini disimpulkan bahwa merangkai atap baja ringan pada rumah tipe 36 menggunakan alat-alat kerja yang sederhana, bahan-bahan kerja ekonomis dan tersedia, serta tahap-tahap perangkaian mudah dan cepat. 

 

Kata kunci: Rangka atap baja ringan, merangkai


References


Irianto. (2013). komparasi penggunaan kayu dan baja ringan sebagai konstruksi rangka atap. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, hal. 45-51.

Mangunwijaya, Y. B. (2009). Wastu Citra, Pengantar ke Ilmu Budaya Bentuk Arsitektur Sendi-sendi Filsafatnya Beserta Contoh-contoh Praktis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Martono, N. (2011). Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Moderen, Posmoderen, dan Poskolonial. Cetakan ke-1. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Pangaribuan, M., R. (2014). Baja Ringan sebagai Pengganti Kayu dalam Pembuatan Rangka Atap Bangunan Rumah Masyarakat. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, Vol. 2, No. 4, hal. 648-655.

Rahayu, S., A. 2015. Analisis Perbandingan Rangka Atap Baja Ringan dengan Rangka Atap Kayu Terhadap Mutu, Biaya, dan Waktu. Jurnal Fropil, Vol. 3, No. 2, hal. 116-130.

Sakdiah, S., K., & Dewi, S., H. (2014). Evaluasi Perencanaan Struktur Rangka Kuda-kuda Baja Pada Gudang Kantor Depo PT. Gudang Garam Pekanbaru. Jurusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau. Vol. 14, No. 2, hal. 1-10.

Wildensyah, I. (2010). Rangka Atap Baja Ringan. Cetakan kesatu. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 91 times
PDF Download : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.