IDENTIFIKASI MANFAAT PEMBANGUNAN JEMBATAN BAHTERAMAS BAGI KAWASAN KOTA LAMA

Imade Krishna Adhi Dharma(1), Irma Nurjannah(2),


(1) Halu Oleo University
(2) 
Corresponding Author

Abstract


Jembatan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting dalam pembangunan daerah, begitupun bagi pemerintah Kota Kendari. Pemerintah kota kendari membuat banyak program pembangunan yang salah satunya yaitu pembangunan ekonomi daerah yang dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur jalan berupa Jembatan Bahteramas yang dibangun di Kelurahan Kandai, Kota Kendari. Jembatan ini akan menghubungkan Kawasan Kota Lama dan Pulau Bungkutoko. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat yang dihasilkan dari pembangunan Jembatan Bahteramas ini terhadap masyarakat kawasan kota lama. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang ditelaah melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pembangunan jembatan bahterams ini akan memberikan beberapa manfaat seperti kelancaran lalu lintas, pertumbuhan ekonomi daerah, percepatan penyediaan infrastruktur, dan meningkatkan aspek social.

 

Kata Kunci: Infrastruktur, Jembatan, Pembangunan Jembatan, Jembatan Bahteramas Kendari


References


DAFTAR PUSTAKA

Adhitama, M., S. Faktor Penentu Setting Fisik Dalam Beraktifitas Di Ruang Terbuka Publik Studi Kasus Alun-Alun Merdeka Kota Malang. Jurnal Ruas, Vol. 11, No. 2, hal. 1-9.

Amar, K., V., Gosal, R., dan Kimbal, A. 2018. Dampak Pemangunan Jembatan Soekarno Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Keluraha Sindulang (Studi Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Sindulan Kota Manado). Eksekutif Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, Vol. 1, No. 1, hal. 1-11.

Bestari, F. 2018. Intip Jembatan Teluk Kendari, Jembatan Terpanjang Ke-3 Indonesia. Diakses dari https://foto.tempo.co/read/67957/intip-jembatan-teluk-kendari-jembatan-terpanjang-ke-3-indonesia#foto-1, tanggal 10 Juni 2019.

Nurjannah, I., Syukur. 2013. Model Penataan Kawasan Kota Lama Kendari Berdasarkan Budaya dan Aktivitas Masyarakat Setempat. Jurnal Metropilar. Vol. 11, No. 1, hal. 51.

Munawar Chalil, Tengku. 2012. Permodelan Dampak Pembangunan Jembatan Batam-Bintan Terhadap Dinamika Kependudukan, Ekonomi, Dan Guna Lahan Batam dan Bintan. Jurnal of Regional and City Planning. Vol. 23, No. 3 Hal 243-247

Nurman. 2015. Strategi Pembangunan Daerah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, A. 2016. Pembangunan Jembatan Teluk Kendari Dimulai. Diakses dari https://mediaindonesia.com/read/detail/62435-pembangunan-jembatan-teluk-kendari-dimulai, tanggal 10 Juni 2019.

Ruslan, dkk. 2018. Pembangunan Jembatan Bahteramas dan Dampak Bagi Masyarakat (Studi Kasus di Kelurahan Kandai Kecamatan Kendari Kota Kendari). Jurnal Neo Societal, Vol. 3, No. 2, hal. 243-247.

Sihombing, dkk. 2016. Analisis Dampak Pembangunan Jembatan Jau Lahe Desa Pergendangen Kecamatan Tiga Binaga Kabupaten Karo Terhadap Pemngembangan Wilayah. Vol. 18, No. 1, Hal 20-22

Trijono. 2007. Pembangunan Sebagai Perdamaian.. Jakarta: Yayasan Obor.

Upe, A. 2016. Metode Penelitian Sosial: Filosofi dan Desain Praktis. Kendari: Literacy Institute.

Whardana. 2015. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Andi Offset.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 201 times
PDF Download : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.