IDENTIFIKASI KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PERMUKIMAN PADA PERUMAHAN SEDERHANA DI PERKOTAAN (Studi Kasus: Perumahan Perumnas Poasia Kota Kendari)

M. Arzal Tahir(1),


(1) Universitas Halu Oleo
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Kondisi ketersedian sarana dan prasarana pada suatu lingkungan perumahan sederhana di perkotaan secara umum masih dianggap kurang layak. Perumahan Perumnas Poasia merupakan salah satu perumahan sederhana yang cukup padat yang ada di Kota Kendari namun belum didukung dengan sarana prasarana lingkungan yang baik. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat kondisi ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan perumahan tersebut. Penelitian ini mengidentifikasi ketersediaan dan persebaran sarana prasarana lingkungan permukiman. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi kondisi ketersediaan sarana dan prasarana berdasarkan ketentuan standar perencanaan lingkungan perumahan perkotaan di Perumahan Perumnas Poasia Kota Kendari. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dan komparatif serta pemetaan spasial. Metode deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi ketersediaan dan kondisi eksisting sarana dan prasarana Perumnas Poasia, sedangkan metode deskriptif komparatif digunakan untuk membandingkan kondisi eksisting sarana prasarana perumahan dengan SNI 03-1733-2004 berdasarkan hasil observasi dan pemetaan spasial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kondisi ketersediaan dan persebaran dari setiap sarana prasarana lingkungan yang ada di perumahan Perumnas Poasia Kota Kendari.
Kata kunci: Permukiman, Perumahan Sederhana, Sarana dan Prasarana, Standar Nasional Indonesia (SNI)

References


Adimagistra, T. dan Pigawati, B. (2016). Evaluasi Penyediaan Sarana dan Prasarana Di Perumahan Puri Dinar Mas Semarang. Jurnal Pengembangan Kota, Vol. 4, No. 1, hal: 58–66.

Anonim. (2016). Kecamatan Poasia Dalam Angka. Kota Kendari: Badan Pusat Statistik.

Azahro, Mustovia. (2013). Kajian Kehidupan Masyarakat Kampung Lama Sebagai Potensi Keberlanjutan Lingkungan Permukiman Kelurahan Gabahan Semarang. Jurnal PWK, Vol. 2, No. 3.

Badan Standarisasi Nasional. (2004). Standar Nasional Indonesia Nomor 03-1733- 2004 Tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan. Jakarta: BSN

Kementerian Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2001). Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah No. 534/KPTS/M/2001 tentang Pedoman Penentuan Standar Pelayanan Minimal Bidang Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman, dan Pekerjaan Umum. Jakarta.

Massikki, M. N. (2005). Analisis Ketersediaan Sarana dan Prasarana pada Lingkungan Permukiman. Jurnal Mektek, Vol. 7, No. 3.

Sastra M, S., & Marlina, E. (2006). Perencanaan dan Pengembangan Perumahan. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Pemerintah Indonesia. (2011). Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 292 times
PDF Download : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.