Model Desain Ruang Studio Arsitektur di Era New Normal

Weko Indira Romantiaulia, I Made Krisna Adi Dahrma, Ainussalbi Al Ikhsan, Wa Ode Nartin Hamundu

Abstract


Ruang studio dirancang untuk menfasilitasi segala aktivitas mahasiswa arsitektur. Ruang studio ini secara bersama-sama digunakan oleh seluruh angkatan pada seluruh mata kuliah yang mengharuskan praktek mendesain. Keseluruhan proses desain yang bersifat manual dilaksanakan di studio gambar manual, karena di studio ini telah dilengkapi dengan meja gambar dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan dalam proses menggambar tugas desain mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo. Seiring pertambahan jumlah mahasiswa, tatanan yang ada saat ini tidak lagi memperhatikan layout ruang baik, jarak antar perabot dan sirkulasi manusia. Pada masa pandemi seperti ini, desain studio yang demikian hampir pasti tidak dapat digunakan karena tidak sesuai dengan protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah. Oleh karena itu, maka perlu ada evaluasi mengenai kenyamanan pengguna studio gambar manual berdasarkan persepsi pengguna ruang studio. Kemudian perlu adanya usulan desain ruang agar selain sesuai dengan standar studio arsitektur, juga tetap memperhatikan protokol kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif guna mengetahui persepsi pengguna ruangan studio terhadap kenyamanan ruang dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode eksplorasi guna menghasilkan rekomendasi desain ruang studio di era new normal. Sebagian besar responden menyatakan nyaman dengan kondisi studio yang ada saat ini, meskipun belum sesuai dengan protokol kesehatan di era new normal. Oleh karena itu, rekomendasi desain studio yang ditawarkan tidak merubah pola tatanan layout ruang studio, namun mengatur jarak antar perabot, sirkulasi dan tentunya mengurangi kapasitas bangunan.


Full Text:

PDF

References


Buku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Keputusan Bersama 4 Menteri.

Catanese, AJ., dan James C. Snyder. 1984. Pengantar Arsitektur. Ir. Hendro Sangkayo, penerjemah. Jakarta: Erlangga

Danisworo, M. 1989. Post Occupancy Evaluation, Pengertian dan Metodologi. Jakarta: Universitas Trisakti

Hermila., Hermanislamet, Bondan. 2011. Persepsi Masyarakat terhadap Hutan Kota sebagai Ruang Terbuka Publik Kasus Hutan Kota di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Holahan. 1982. Environmental Psychology. New York: Random Hous.

Ishak, Rahmi Amin., Syarif Beddu., Arief., dan Inri Indah Rahayu. 2012. Wujud Fisik Ruang Studio Gambar Arsitektur: Eksistensi Elemen Interior Terhadap Kreativitas dan Kemandirian Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran. Hasil Penelitian Fakultas Teknik, Group Teknik Arsitektur. Prosiding 2012, Volume 6: Desember 2012.

Karyono, T.H., 1999. Penelitian Kenyamanan Termis di Jakarta sebagai Acuan Suhu Nyaman Manusia Indonesia. Dimensi Teknik Arsitektur, Vol.29, No.1. Juli 2001: 24-33

Oktaviana, Anna., Dahliani., Wastuty, Prima Widya. 2005. Evaluasi Pasca Huni Studio Gambar Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik UNLAM. INFO TEKNIK, Volume 6 No 1, Juli 2005: 13-20

Preiser, V.F.E., Rabinowitz, H.Z., White, ET. 1998. Post Occupancy Evaluation. New York: Van Nostrand Ranhola Company.

Permen PU No. 28 Tahun 2002

Rachmawati, E. 2013. Kinerja Kenyamanan Termal Ruang Kelas pada Bangunan Kolonial Hoogere Burger School (HBS) Bandung. (Bachelor). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Santoso, E.I. 2012. Kenyamanan Termal Interior pada Bangunan di Daerah Tropis Lembab. Indonesia Green Technology Journal, Vol.1 No.1, 2012.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tsania, Erma., Erwandi, Erdiani., Zefanya Teresa. 2016. Evaluasi Kenyamanan Studio Arsitektur pada Unuversitas di Bandung. Bandung: Institut Teknologi Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Alamat Redaksi:

Gedung Laboratorium Fakultas Teknik, Lantai 3, Ruang Lab. Sub. Bidang Gambar Dasar Arsitektur.

Jl. H.E.A Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridarma Andounohu Kendari 93232.

No HP/WA: 08114005744 (Pimpinan Redaksi)

Email: Maligearsitektur_journal@uho.ac.id

Websites: http://ojs.uho.ac.id