PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)PADA MATERI ASAM DAN BASA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 1 NAPABALANO

Cindy Cindy, Aceng Haetami, Ratna Ratna

Abstract


Telah dilakukan penelitian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi asam dan basa berbasis problem based learning di SMA Negeri 1 Napabalano. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kualitas dan kelayakan dari LKPD asam basa berbasis problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (define, design, development and disseminate).Kualitas LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli materi dan media sebanyak 3 orang. Kelayakan LKPD yang dikembangkan dilihat dari respon siswa sebanyak 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian ahli materi sebesar 80% (kategori baik) dan rata-rata penilaian ahli media sebesar 80% (kategori baik).Rata-rata penilaian dari Respon siswa kategori sangat baiksebesar 90% (uji coba skala terbatas). Berdasarkan validasi paraahli dan respon siswa maka LKPD yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam materi asam dan basa.


Keywords


Pengemebangan LKPD; asam dan bas; Problem Based Learning; Research and Development; pengembangan 4-D

Full Text:

UNDUH

References


Duncan, M.J. dan Al-Nakeeb, Y., 2006.Using Problem-Based Learning in Sports Related Courses: An Overview of Module Development and Student Responses in an Undergraduate Sports Studies Module.Journal of Hospitality, Leisure, Sports an Tourism Education. 1(50-57)

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik. Diklat Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Kwan, A. 2009.Problem-based learning.The Routledge international handbook of higher education.91-107.

Mardasari, Desi., Asmadi M.N dan R. Usman Rery. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kimia SMA PokokBahasan Larutan Asam dan Basa. Program Studi Pendidikan Kimia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau.

Noor, Abdullah Yamani., Fitriani., dan Dedeh Kurniasih. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Representasi pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sungai Raya. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 7(1)

Pramesti, E.T., Ratu B.R., Emmawaty Sufra. 2017. Pengembangan LKS Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 6(1)

Purwanto dan Ida, M. S. 2004. Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.

Suryobroto, B. 1986.Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar-Mengajar. Yogyakarta: Amarta.

Sugiyono, 2011.Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thiagarajan, S., Semmel, D.S. dan Semmel, M.I. 1974.Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana. Indiana University Bloomington.

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Dan Progresif.Jakarta:Kancana Prenada Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 2503-4480 
Online ISSN (e-ISSN): 2721-2963

Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo Indexed By:

  
 
 
Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo by Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License