PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 BAUBAU

Nasfa Nasfa, Muhammad Alim Marhadi, Abraham Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga dan mengetahui respon/tanggapan guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi larutan penyagga. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan tahap penyebaran (dessiminate). Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian/validasi isi dan tanggapan/respon guru dan peserta didik. Selanjutnya, data kedua terkait dengan angket yang berkaitan dengan pengimplementasian LKPD tersebut. Hasil dari angket tersebut adalah sebagai berikut: (1) LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga yang dihasilkan melalui validasi oleh validator memperoleh persentase rata-rata sebesar 94,55% dengan kriteria sangat layak. (2) Praktikalitas dari guru kimia memiliki kategori nilai praktikalitas 87,98% (sangat praktis) dan berdasarkan data angket tanggapan guru terhadap LKPD memperoleh respon sangat posotif dengan presentase rata-rata 87,5% dengan kategori sangat setuju. (3) angket respon peserta didik memperoleh respon positif dengan persentase yang diperoleh yaitu desain LKPD 88,97% sangat layak, segi tampilan 88,62% sangat layak, materi 86,29% sangat layak, bahasa 89,98% sangat layak, dan saintifik 87,18% sangat layak.

Keywords


Pengembangan; lembar kerja peserta didik (LKPD); pendekatan saintifik; larutan penyangga.

Full Text:

UNDUH

References


Abdul Majid. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Cet. 11, h. 176.

Anas, Sudjana. 2015. Pengantar Ststistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Andi, Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Andi, Prastowo. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Press.

Ani, Widyawati dan Anti, Kolonial Prodjosantoso. 2015. Penembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1(1).

Anonim. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Penerbit Imtima

Anonim. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. h. 32.

Asnaini., Adlim., Mahidin. 2016. Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 4 (1).

Chonga, V, D., Sallimah., Aicheongc, P, I. 2013. Using an Activity Worksheet toRemediate Students’ Alternative Conceptions of Metallic Bonding. AmericanInternational Journal of Contemporary Research.3(11):39-52.

Djemari, Mardapi. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mira Cendikia.

Dwi, Fadly dan Abdillah. 2013. Penggunaan Modul Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran TIK pada Materi Microsoft Word Kelas V di SD Negeri Sarikaya Kragilan CondongcaturSleman Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayati Afifa., Undang Rosidin., Eko Suyanto. 2015. Pengembangan LKS Problem Based Learning Bermuatan Sikap Spritual Sosial dengan Penilaian Autentuk. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UNILA. Hal 14, Vol. 3 (2).

Ibrahim, R dan Syaodih S. 2010. Perencanaan pengajaran. Jakata: Rineka Cipta.

Istiqomah, Ila Rosilawati, Nina Kadaritna. 2017. LKS Asam Basa Berbasis Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan KPS Berdasarkan Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol. 6(3).

Machhin, Achmad. 2014. Implementasi Pendekaatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konsevasin Pada Pembelajaran Materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan Ilmiah Indonesia (JPIII). Vol. 3(1).

Marjan, J., I.B Putu Aryana., I.G.A Nyoman Setiawan. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mua’mallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Oktavia Dian Tri S., Ila Rosilawati., Tasviri Efkar. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Titrasiasam Basa Berbasis Pendekatan Ilmiah Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol. 4(1).

Sani, A. R. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Senam dan Suharto. 2008. Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. Diakses 10 Februari 2014 dari http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/9308280290.pdf

Sudjana & Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, Rini. 2017. Penggunaan LKS Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Larutan Asam Dan Basa. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang. Vol 8(2).

Tati., Zulkardi., Yusuf hartano. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3(1).

Thiagarajan Silvasialm., Dorothy Semmel., Melvyn I Semmel. 1974. Instruction Development For Traning Teachers For Exceptional Children. Washinton DC: National Center For Improvement Educational System.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Yuliandriati., Susilawati., Rozlinda. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X. Jurnal Tadris Kimia. Vol 4 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 2503-4480 
Online ISSN (e-ISSN): 2721-2963

Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo Indexed By:

  
 
 
Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo by Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License