PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMAN 1 SAMPARA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Ista Nurmita, Muh. Alim Marhadi, Haeruddin Haeruddin

Abstract


Penerapan Model Pembelajran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Sampara Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. Telah dilakukan penelitian Penerapan Model Pembelajaran Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Sampara Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit.. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Hasil Belajar siswa setelah pembelajaran dengan model Contextual Teaching And Learning dan Hasil Belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini menggunakan rancangan semu atau kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA1 sebanyak 28 orang dan X MIA2 sebanyak 26 orang yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes objektif dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata hasil tes Hasil Belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,1; (2) rata-rata hasil tes Hasil Belajar siswa kelas kontrol sebesar 72,6; (3) rata-rata N-Gain kelas eksperimen berada pada kategori sedang (0.66); (4) rata-rata N-Gain kelas kontrol berada pada kategoti sedang (0.60); hasil uji-t (uji beda) N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan dengan H0 diterima (sig. < 0.05). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning efektif digunakan pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit

Keywords


Learning, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Hasil Belajar

Full Text:

UNDUH

References


Anggriani. W., Dwi Ariani. S.R., dan Js. Sukardjo. (2012) Pengaruh Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning) Melalui Metode Eksperimen Dan Proyek Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Minat Berwirausaha Siswa Pada Materi Destilasi Kelas X Smk Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012 . Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Danasasmita, W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga: Bandung.

Hamalik, Umar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Irvan, H, Purnomo., (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Listrik Otomotif Kelas XI Pada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Piri. Yogyakarta.

Johnson, E. (2002). Contextual teaching and learning. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

National Academy of Science. (2009). Strengthening High School Chemistry Education Through teacher Outreach Program: A Workshop Summary to the Chemical Sciences Roundtable.”

Khotimah, dan Zuhdi. U., (2015). Penerapan Model Pembelajaran contextual teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPA kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Muhibbin Syah., (2002). Psikologi Pendidikan Dalam Pendekatan Baru. Bandung. PT. Remaja Rosda karya.

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muzakar. Z., (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Media Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil4 Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas Iv Min Kolomayan Wonodadi Blitar. Sikripsi Sarjana pada FKIP Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Nafriadin, R. (2013). Efektivitas Penggunaan Strategi Peta Konsep Dalam Pembelajara n Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kaledupa. Sikripsi Sarjana pada FKIP UHO Kendari.

Rahardiana. G., Redjeki. T., Dan Mulyani. S., (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dilengkapi Lab Riil Dan Virtuil Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Sma Negeri 1 Pulokulon Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).

Rigiyanita. A.I., Haryono, Dan Utomo. S.B., (2013) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Disertai Dengan Kegiatan Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Asam, Basa, Dan Garam . Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).

Riyadi. B., Hamzah. B., dan Sakung. J., (2015). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Materi Larutan Penyangga Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri 1 Poso Pesisir Utara. Jurnal. Akad. Kim. 4(1): 17-24.

Rohendi, D., Sutarno, H., dan Akbar, Ginanjar, M., (2010). Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PTIK FMIPA UPI.

Saputri. D.O., (2016). Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbasis Proyek Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Koloid. . Sikripsi Sarjana padaFMIPA UNNES.

Silitonga, L.L., dan Situmorang, M., (2009), Efektivitas Media Audiovisual Terhadap peningkatan Prestasi belajar Siswa pada pengajaran Sistim Koloid, Jurnal Pendidikan Kimia 1(1): 1-9.

Situmorang, H., dan Situmorang, M., (2013). Efektivitas Metode Demonstrasi Dalam Pengajaran Sistem Koloid Pada Siswa Smk Pakfak Barat, Laporan Penelitian Tindakan Kelas, SMKN1 Pargetteng-getteng Sengkut, Pakfak Barat.

Sudjana, N. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Batu Algesindo: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpkim.v5i2.13471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Ista Nurmita, Muh. Alim Marhadi, Haeruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo Indexed By:

  Smiley face
 

 

Copyright of Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo ISSN cetak 2503-4480 dan ISSN Onlne 2721-2963
 
Creative Commons License
Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpkim is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License