ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Narma Narma, Rahmanpiu Rahmanpiu, Dahlan Dahlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi penyebab utama kesulitan belajar kimia yang dialami peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 23 orang siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Abuki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket respon siswa berjumlah 30 pernyataan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data untuk menggambarkan faktor internal dan eksternal kesulitan belajar dengan mengihutung seberapa besar persentase hasil angket pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Abuki dan analisis data untuk mengetahui faktor internal dan eksternal kesulitan beljar yaitu dengan mencatat hasil wawancara dan alasan pada angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase angket faktor kesulitan belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Abuki materi larutan penyangga faktor internal 68,7% (Tinggi). Sedangkan faktor eksternal guru 5,22% (Sangat rendah), teman sebaya 32,18% (Rendah), lingkungan keluarga 55,65% (Sedang).


Keywords


Faktor-faktor Kesulitan Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Larutan Penyangga

Full Text:

UNDUH

References


Alimin. 2006. Kesulitan Belajar dalam Perspektif Pendididkan. Tesis Jurusan PKKh SPS UPI Bandung.

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Dimyanti dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Martini, J. 2014. Kesulitan Belajar Perspetif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Ghalia Indonesia. Bogor.

Misran.2010. Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD QUANTUM. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 1(1) : 57-63

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Indonesia. UIN Alaluddin Makassar. Makasaar.

Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta. Bandung.

Ristiyani, E & Bahriah, E.S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Siswa di SMAN X Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2(1): 18-29.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Besar. Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.

Sulaiman, S. 2015. Faktor-Faktor Determinan dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib. 8 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpkim.v5i1.13115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo Indexed By:

  Smiley face
 

 

Copyright of Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo ISSN cetak 2503-4480 dan ISSN Onlne 2721-2963
 
Creative Commons License
Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpkim is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License