ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM DASAR-DASAR KIMIA ANALITIK MATERI TITRASI

Sitti Murlia, Fahyuddin Fahyuddin, La Rudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan; (1) untuk mengetahui Keterampilan Proses Sains (KPS) mahasiswa pendidikan kimia pada pelakasanaan Praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik. (2) untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) mahasiswa setiap pertemuan pada pelaksanaan praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia angkatan 2017 kelas A yang berjumlah 14 mahasiswa yang diambil dari 23 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan data observasi dan tes tertulis. Data diolah dengan menghitung persentase dari setiap indikator hingga diperoleh hasil akhir selanjutnya data dianalisis pada tiap-tiap indikator. Berdasarkan hasil penelitian dan anlisis data diperoleh; (1) Keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum dasar-dasar kimia analitik yang dilakukan pada materi titrasi asam basa, titrasi redoks, titrasi argentometri dan titrasi kompleksometri yang diperoleh melalui hasil observasi KPS meliputi merancang percobaan dengan persentase 56,63%, menggunakan alat dengan bahan 59,97%, mengamati 69,37%, memprediksi 42,93%, mengukur 60,44%, interpretasi 36,15% dan komunikasi 51,35%. Sedangkan persentase KPS mahasiswa melalui hasil tes yaitu  merancang percobaan 78,57%, menggunakan alat dengan bahan 83,33%, mengamati 35,71%, mengukur 25%, interpretasi 42,86% dan komunikasi 60,71%. Secara keseluruhan dari hasil observasi dan hasil tes keterampilan  proses sains mahasiswa pada pelaksanaan praktikum dasar-dasar kimia analitik adalah sebesar 55,01%. (2) peningkatan keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum dasar-dasar kimia analitik pada setiap pertemuan adalah untuk rata-rata N-gain KPS antara pertemuan 1 dan 2 sebesar 0,19 sedangkan untuk pertemuan 2 dan 3 sebesar 0,1.


Keywords


Keterampilan proses sains, KPS, praktikum dasar-dasar kimia analitik.

Full Text:

UNDUH

References


Afiyanti, Y. dan Imami N. R. 2014. Matodologi Penelitian Kualitatif dalam Riset Keperawatan. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Agustina, P. dan Alanindra S. 2016. Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Kiologi FKIP UMS Tahum Ajaran 2015/2016). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.

Agustin, R. R., Wiwi S. dan Gebi D. 2013. Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains SMA Kelas XI Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa. Jurnal Jurusan MIPA. Vol.18. No.2. Hal: 240-244.

Akinbobola, A. O. dan Folashade, A. 2010. Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examination in Nigeria. American-Eurasian Journal of ScientificResearch. Vol.5 No.4. Hal: 234-240.

Amirudin, Kharisma K. H. dan Fauzan. 2014. Aplikasi Pembuatan Jurnal Kegiatan Praktikum di Laboratorium Kimia SMA Nurul Jadid dengan Menggunakan Python dan Mysql. Teknik Informatika STT Nurul Jadid Probolinggo. Hal: 74-87.

Ardiansyah, D. 2014. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry. Skripsi.

Ardianto. 2014. Keefektifan Penerapan Pendekatan Mikroskopis dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Asam Basa Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Kendari. Skripsi.

Astuti, U. N. M. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) di SMA Negeri 1 Banguntapan Kelas XI Semester 2. Skripsi.

Decaprio, R. 2017. Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa. Yogyakarta. DIVA Press.

Dimyati, J. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Elmawa, M. F. 2015. Penggunaan Multimedia untuk Meningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) bagi Siswa Kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Patalan Baru Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi.

Emda, A. 2014. Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal. Vol. 2 No. 2. Hal: 219-229.

Fadlan, A. 2011. Strategi Pengembangan Science Generic Skills (SGS) Calon Guru FisikaMelalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Matakuliah Praktikum. Jurnal Phenomenon. Vol.1 No.1. Hal: 31-44.

Hamdiyati, Y. dan Kusnadi. 2007. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol.10 No.2. Hal:36-42.

Handayani, A. P., Supriyono K. dan Parno. 2016. Identifikasi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. Vol.1. Hal:81-87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 2503-4480 
Online ISSN (e-ISSN): 2721-2963

Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo Indexed By:

  
 
 
Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo by Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License