PENGARUH SARINGAN PASIR LAMBAT DALAM MENURUNKAN KADAR BESI (Fe) PADA AIR BERSIH DI PERUMAHAN NAPABALE II KELURAHAN RAHANDOUNA KECAMATAN POASIA KOTA KENDARI

Tri Alfiani, Siti Rabbani Karimuna, Nurmaladewi Nurmaladewi, Suhadi Suhadi, Yasnani Yasnani, La Ode Ahmad Saktiansyah

Abstract


Air bersih merupakan satu dari kebutuhan primer yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia dapat berlanjut.Sekitar 48% kualitas air bersih Sulawesi Tenggara diprediksi memiliki air sumur yang tidak memenuhi kualitas air bersih sesuai PERMENKES RI NO. 32 Tahun 2017. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas air bersih menggunakan sistem saringan pasir lambat.Saringan pasir lambat merupakan pengolahan air dengan cara memisahkan air baku dari kontaminan yang dilewatkan perlahan pada media pasir. Pengolahan ini memiliki prinsip kombinasi antara fisik (penyaringan dan sedimentasi) dan biologi.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh ketebalan saringan pasir lambat dalam menurunkan kadar besi (fe) pada air sumursetelah dilakukan proses penyaringan berdasarkan ketebalan pasir 20 cm, 30 cm, 40 cm,50 cm, 60 cm dan menganalisis ketebalan yang paling efektif dalam menurunkan kadar Fe pada air sumur di Perumahan Napabale II Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia Kota Kendari.Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif eksperimen dan desain penelitian menggunakan metode the one group pretest postest design. Sampel air dalam penelitian ini diambil pada 3 titik sampel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh saringan pasir lambat dengan ketebalan pasir dalam menurunkan kadar Fe untuk ketiga sampel pada ketebalan pasir 60 cm, dengan penurunan untuk kadar besi (Fe) pada sampel A sebesar 0,0082 mg/l, untuk penurunan Fe pada sampel B sebesar 0,0577 mg/L serta penurunan Fe pada sampel C sebesar 0,0627 mg/l. kesimpulan penelitian ini ialah semakin besar ketebalan pasir maka semakin tinggi penurunan kadar Fe pada air sumur

Full Text:

PDF

References


Aryani,F., & khariru,A. (2015). Pengaruh Ukuran Butiran Dan Ketebalan Lapisan Pasir Terhadap Kualitas Air Sumur Yang Berwarna Kuning Dan Debit Outlet Pada Saringan Pasir Lambat Sederhana. jurnal einstein, 2(2), 22-32

WHO. (2019). Drinking-water. Diakses tanggal 31 oktober 2019, dari https://www.who.int/news-room/detail/18-06-2019-in-3-people-globally-do-not-have-access-to-safe-drinking-water---unicef-who.

UNESCO. (2017). Global Climate Change. Diakses tanggal 30 oktober 2019, dari www.unesco.org.

Utami, S., & Handayani, S. K. (2017). Ketersediaan Air Bersih untuk Kesehatan : Kasus dalam Pencegahan Diare pada Anak. Optimalisasi Peran Sains Dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City, (October), 211–235.

Badan Pusat Statistik (2018). Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial-Ekonomi Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Fatma, F. (2018). Kombinasi Saringan Pasir Lambat Dalam Penurunan Kadar Fe(Besi) Air Sumur Gali Masyarakat Diwilayah Kerja Puskesmas Lasikabupaten Agam. Menara IlmuXII(7).

Pradana, Tedy Dian.dkk. (2018). Efektivitas Koagulan Bubuk Kapur Dan Filtrasi Dengan Metode Up Flow Dan Down Flow Untuk Menurunkan Fe. Jurnal Kesehatan Masyarakat Khatulistiwa, vol 5 (1), 32-41.Retrieved from:

http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php?journal=jkmk&page=index

Auliah, I. N. (2019). Efektivitas Penurunan Kadar Besi (Fe) pada Air Sumur dengan Filtrasi Serbuk Cangkang Kerang Variasi Diameter Serbuk. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes 10, 25–33.

Profil Kesehatan Sultra. Profil Kesehatan Sultra (2017).

Auliah, I. N. (2019). Efektivitas Penurunan Kadar Besi (Fe) pada Air Sumur dengan Filtrasi Serbuk Cangkang Kerang Variasi Diameter Serbuk. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes 10, 25–33.

B, Rahma. (2013). Pengaruh Ketebalan Arang Tempurung Kelapa Terhadap Tingkat Kesadahan Air Di Wilayah Kerja Puskesmas Sudu Kabupaten Enrekang Tahun 2013. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Putriani. (2019). Pengaruh Tinggi Unggun Karbon Aktif dan Pasir Kuarsa Pada Saringan Pasir Lambat Untuk Penyisihan Logam Fe Pada Air Sungai Siak. Jom FTEKNIK. 6(1).

Riskawati, Amir, R., & Herlina, M. (2019). Efektivitas Arang Sekam Padi Dalam Menurunkan Kadar Besi ( Fe ) Pada Air Sumur Bor Di Desa Padangloang. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 2(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.